Curhat Soal Dermaga, Nelayan Taruh Harapan ke Bahar Buasan

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan menemui nelayan di pelelangan ikan Pantai Rebo

Curhat Soal Dermaga, Nelayan Taruh Harapan ke Bahar Buasan
Istimewa
Bahar Buasan 

POSBELITUNG.CO - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan menemui nelayan di pelelangan ikan Pantai Rebo. Dalam kunjungannya, para nelayan mengeluhkan soal dermaga dan peralatan menyelam.

Ketua Nelayan Pantai Rebo bernama Koh A Siau mengungkapkan, kondisi pantai di Rebo semakin lama semakin tergerus. Ratusan kapal nelayan susah bersandar karena tidak adanya dermaga.

"Kasihan Pak kalau Pantai Rebo ini tidak ada dermaganya. Lama kelamaan pasir pantai akan tergerus dan menyisakan sedikit lokasi pelelangan ikan nantinya," ungkap Koh A Siau ke Bahar Buasan di Pantai Rebo, Sungai Liat.

Hal yang sama diungkapkan oleh nelayan lain, yaitu Andri. Andri mengungkapkan, selama ini nelayan susah karena tidak adanya dermaga dan peralatan menyelam juga masih menggunakan peralatan tradisional.

"Susah Pak kalau tidak ada dermaga. Peralatan menyelam juga masih pakai kompresor yang tradisional, takutnya bisa mengakibatkan kelumpuhan," kata Pato.

Koh A Siau selaku Ketua Nelayan Pantai Rebo juga angkat bicara tentang kecelakaan yang pernah menimpa temannya akibat peralatan menyelam yang masih sederhana. ada 2 temannya yang kehilangan nyawa akibat terputusnya selang kompresor saat berada di bawah laut.

"Teman saya ada yang meninggal 2 orang karena pakai kompresor tradisional. sewaktu dia menyelam kedalam laut sekitar 24 meter, selang kompresornya putus. Kami sedih pak, kami tidak mau seperti itu, Harapannya Pak Bahar bisa membantu kami," Ujar Ketua Nelayan Pantai Rebo itu.

Mendengar keluhan tersebut, Bahar Buasan menyatakan akan berbicara kepada dinas terkait untuk menyelesaikan permasalahan itu.

"Kita akan sampaikan kepada dinas kelautan dan perikanan maupun DPRD Bangka Belitung agar pekerjaan kalian tidak terhambat," kata Bahar Buasan.

Lalu Bahar Buasan menyarankan, agar nelayan bergabung bersama asuransi Jasindo. hal itu bertujuan mengurangi beban nelayan saat terjadi kecelakaan.

"Sekarang nelayan ada asuransi Jasindo, kalau misalnya kecelakaan di laut bisa langsung di laporkan," ucap Bahar Buasan.

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help