Adv

Pilkades Hasilkan 13 Kades Terpilih

Sebanyak 13 desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2018 akhirnya mendapatkan kades terpilih

Pilkades Hasilkan 13 Kades Terpilih
ist
Pilkades serentak 

POSBELITUNG.CO--Sebanyak 13 desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2018 akhirnya mendapatkan kades terpilih pada pelaksanaan pencoblosan perhelatan pesta demokrasi tingkat desa, Rabu (10/10). Sejak proses pemilihan dimulai pukul 08.00 WIB sampai perhitungan pukul 14.00 WIB, kegiatan pilkades berjalan lancar, aman dan tertib.

Alhasil 13 kades baru akhirnya muncul dari pilihan masyarakat.

“Alhamdulillah seluruh proses mulai dari persiapan, pemilihan dan perhitungan berjalan lancar. Jadi kita tinggal menunggu penetapan dan pelantikan kades terpilih,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD), Wigman WS, Rabu (10/10).

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan tim fasilitasi kabupaten, tidak ada kendala yang berarti dalam proses pelaksanaan. Bahkan jika ada kendala, bisa diselesaikan di tingkat desa. Menurutnya, pasca perhitungan, panitia pelaksana tingkat desa akan melakukan rekapitulasi suara.

Pilkades serentak
Pilkades serentak (ist)

Kemudian, rekapitulasi tersebut akan disampaikan kepada BPD masing-masing untuk ditetapkan dalam rapat. Hasil ketetapan lalu diteruskan kepada kecamatan untuk disampaikan kepada bupati.

“Intinya semua teknis itu ada di desa, karena kabupaten hanya tim fasilitasi saja. Jadi mulai perhitungan, rekap dan penetapan hasil semuanya di desa,” katanya.

Kata Wigman, untuk penetapan kades terpilih akan dilaksanakan pada awal November 2018 mendatang. Berdasarkan data sementara, lima calon kades petahanan hanya tiga yang berhasil bertahan, sedangkan sisanya harus gugur.

Kades petahana yang kembali terpilih yakni Katto dari Desa Air Merbau, Suhaimi dari Desa Terong dan Edyar dari Desa Pulau Seliu. Sementara yang gugur, Haryadi dari Desa Aik Ketekok dan Dedi Wahyudi dari Desa Aik Pelempang Jaya.

“Alhamdulillah Pilkades tahun ini bisa berjalan lancar, aman dan tertib. Memang dari lima petahanan yang maju, tiga diantaranya bertahan dan duanya gugur,” kata Ketua APDESI Kabupaten Belitung, Darsono.

Bupati Belitung, H Sahani Saleh (sanem) ikut berpartisipasi memberikan hak pilihnya dalam gelaran Pilkades Serentak 2018. Sanem beserta istrinya mencoblos di TPS V, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan.

Ia mengatakan, seharusnya perhelatan pilkades digaungkan hingga seluruh wilayah kabupaten sebagai momen pembelajaran demokrasi. Dalam artian bukan hanya sebatas 13 desa peserta saja.

Selain itu, dirinya berharap kades terpilih bisa bersinergi bersama pemda dan pemerintah pusat terutama dalam hal pelayanan publik.

“Jujur saja, sekarang ini banyak kades ini apakah tidak paham atau bagaimana. Mereka tidak ingin bersinergi dengan pembangunan yang sedang dilakukan sehinga hal-hal yang selama ini harus dievaluasi,” katanya. (adv/n1)

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved