Video

Sektor Pertanian Peluang Usaha Baru BUMDes, BUMD Jalani Kerjasama dengan PT Pusri

MoU ini dilakukan untuk mendorong BUMDes agar membantu petani di Desa setempat.

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mendapatkan peluang usaha baru. Yaitu disektor pertanian dan ketahanan pangan serta pembangunan ekonomi baru untuk petani. Usaha tersebut sudah diperkuat oleh PT Belitong Mandiri (BUMD) sebagai distributor pupuk bagi petani hingga ke pedesaan.

Peluang ini, kemarin telah diresmikan melalui "Distribution Channel Programs". Perusahaan milik pemerintah daerah (Pemda) Belitung ini, sudah menjalin MoU dengan PT Pusri (BUMN) dan Perum Bulog Kabupaten Belitung. Secara keseluruhan MoU tersebut dibangun untuk mendorong ekonomi baru didaerah.

"Jadi tiga perusahaan (PT Pusri), Perum Bulog dan PT Belitong Mandiri ini bersinergi, membangun perekonomian baru. Sehingga menjadi perekonomian yang luar biasa, tentunya untuk mendorong petani, agar tidak kesulitan mendapatkan pupuk, yang menjadi kendala selama ini," kata Direktur Utama PT Belitong Mandiri Azrul Azwar (Aju) kepada Posbelitung.co.

Pelaksanaan MoU tersebut kemarin berlangsung diruang City Club Hotel Billitone Tanjungpandan. Hadir pada penandatangan nota kesepahaman tersebut Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem).

Aju mengatakan, MoU ini dilakukan untuk mendorong BUMDes agar membantu petani di Desa setempat. Agar mereka lebih mudah untuk mendapatkan pupuk, dengan harga sangat terjangkau dan menghemat waktu.

"Jadi mereka tidak perlu menghabiskan waktu ke Tanjungpandan cukup mendapatkan di BUMDes saja. Ditambah lagi PT Pusri membantu kita dari segi teknologi, apa pupuk yang cocok untuk tanah petani di Desa tersebut. Tentunya dari segi produksi tidak perlu diragukan lagi," ucapnya.

Ini, lanjut dia, sekaligus buat membangun perekonomian di Desa tersebut, sehingga perputaran ekonomi daerah tidak hanya terjadi dilingkup perkotaan saja. PT Belitong Mandiri diposisi tersebut hanya sebagai penyalur atau distributor saja.

"BUMDes sebagai agen, dan harga untuk petani berbeda lebih murah dibanding membeli di agen, karena ini langsung dari PT Pusri. Ini juga sebagai langka untuk membangkitkan BUMDes dan ini bukan hanya pupuk saja, termasuk beras serta sembako, tentunya dengan harga yang murah," bebernya.

Kata Aju, sejauh ini memang baru satu BUMDes yaitu di Desa Selumar yang baru menciptakan sistem tersebut. Namun mereka tetap akan mendorong melalui jemput bola ke Pemerintah Desa (Pemdes).

"Nah sistem nya nanti BUMDes yang mengajukan order kepada kami, setelah itu kami meneruskan ke PT Pusri dan kami lagi nanti yang menyalurkan ke BUMDes tersebut," ucapnya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved