Ada Aktivitas Keuangan Mencurigakan, Lapor OJK di Nomor Ini

Program juga menyasar pendidikan formal SD hingga perguruan tinggi, termasuk guru dan dosen serta sektor pendidikan non formal.

Ada Aktivitas Keuangan Mencurigakan, Lapor OJK di Nomor Ini
POS BELITUNG/JARIYANTO
Deputi Direktur Pengembangan dan Perlindungan Konsumen OJK Rela Ginting memaparkan edukasi keuangan dan perlindungan konsumen dalam acara Pelatihan dan Gathering Media yang digelar OJK Kanreg 7 Sumbagsel di Aston Sentul Lake, Bogor, akhir September 2018 lalu. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Jariyanto

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Deputi Direktur Pengembangan dan Perlindungan Konsumen OJK Rela Ginting mengatakan, masyarakat perlu mendapat edukasi tentang keuangan.

Sepanjang 2013 hingga Agustus 2018, OJK telah menyambangi 206 kota se-Indonesia. Brosur serta booklet dibagikan kepada peserta edukasi.

Program juga menyasar pendidikan formal SD hingga perguruan tinggi, termasuk guru dan dosen serta sektor pendidikan non formal.

Ternasuk menyebarkan informasi lewat media sosial, website, dan media lainnya.

"Kami juga menyiapkan kontak 157," ucap Rela dalam pemaparannya saat acara Pelatihan dan Gathering Media yang digelar OJK Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan di Aston Sentul Lake, Bogor, akhir September 2018 lalu.

Ia menjelaskan, layanan ini bagi OJK sendiri fungsinya antara lain, mendukung pelaksanaan pengawasan PUJK (pelaku usaha jasa keuangan).

Selanjutnya, mengetahui informasi terbaru jasa keuangan dan non keuangan.

Berikutnya, mengetahui adanya pelanggaran aturan. Terakhir, mendapat masukan dalam rangka penyempurnaan ketentuan terkait.

Bagi masyarakat, tambah Rela, manfaatnya, mendapatkan informasi terkait lembaga atau produk jasa dan profesi di sektor jasa keuangan.

Kemudian melaporkan kegiatan mencurigakan di sektor jasa keuangan.

Selanjutnya bagi konsumen, bisa mengadukan sengketa dengan PUJK serta melaporkan praktik yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan.

"Demikian juga bagi PUJK, lewat layanan ini bisa tahu pengaduan-pengaduan lalu menindaklanjutinya," ujar Rela. (*)

Penulis: Jaryanto
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help