Waspada! Kebiasaan 'Ngupil' Ternyata Bisa Menyebabkan Infeksi hingga Kematian, Ini Penjelasannya

Riset terbaru menunjukkan kalau kebiasaan 'ngupil' ternyata bisa menyebarkan bakteri pneumonia, yang bisa menyebabkan

Waspada! Kebiasaan 'Ngupil' Ternyata Bisa Menyebabkan Infeksi hingga Kematian, Ini Penjelasannya
Kompas.com
Kebiasaan 'Ngupil' Ternyata Bisa Menyebabkan Infeksi hingga Bahkan Kematian 

POSBELITUNG.CO - Riset terbaru menunjukkan kalau kebiasaan 'ngupil' ternyata bisa menyebarkan bakteri pneumonia, yang bisa menyebabkan kematian

Mengupil atau mengorek hidung menggunakan jari menjadi sebuah keasyikan sendiri bagi beberapa orang.

Apalagi jika sampai bisa mengeluarkan kotoran hidung atau upil.

Namun rupanya, aktivitas tersebut sebaiknya dihentikan mulai sekarang. Sebab, kebiasaan sepele tersebut justru menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari New York Post, riset yang dipublikasikan di jurnal European Respiratory ini adalah riset pertama yang menunjukkan penyebaran bakteri terjadi antara hidung dan tangan.

Dengan adanya temuan ini, para ahli merekomendasikan agar orangtua menjaga mainan dan tangan anak-anak agar selalu bersih.

Hal itu demi melindungi anak-anak, dan untuk menghindari penyebaran bakteri ke orang lain, termasuk anggota keluarga yang mungkin rentan terhadap infeksi.

Dr Victoria Connor, selaku pemimpin riset mengatakan, infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Infeksi ini diperkirakan telah menyebabkan kematian atas 1,3 juta jiwa anak-anak berusia di bawah lima tahun setiap tahun.

"Orangtua dan orang-orang dengan penyebab lain dari gangguan kekebalan, seperti penyakit kronis, juga berisiko tinggi terkena infeksi pneumokokus," ucap dia.

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved