Video

Bentuk Jaminan Terpenuhnya Hak Anak, DPPPAS Lakukan Sosialisasi KLA

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) Kabupaten Belitung, Selasa (16/10/2018)

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) Kabupaten Belitung, Selasa (16/10/2018) melakukan sosialisasi Pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA). Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan perangkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Belitung diruang Sidang Sekretariat Daerah (Setda).

Acara yang dibuka oleh Asisten II Setda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Jasangung Hariyadi ini, sebagai salah satu bentuk menjalankan program Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) nomor 12 tahun 2013.

Pemerintah Daerah (Pemda) dituntut untuk melakukan deklarasi KLA, dan Kabupaten Belitung sebagai salah satu daerah yang ditunjuk. KLA ini dibangun untuk memberikan jaminan terpenuhnya Hak Anak.

"Keinginan Provinsi di tahun 2018 ini semua Kabupaten/Kota sudah melakukan deklarasi dan komitmen untuk KLA ini. Supaya dalam kebijakan pengembangan anak, semua mengacu kepada prinsip layak anak," kata Kepala DPPPAS Kabupaten Belitung Haziarto kepada Posbelitung.co.

KLA ini dibentuk untuk inisiatif yang mengarah kepada upaya transformasi konvensi hak anak, dari kerangka hukum kedalam defenisi, strategi dan intervensi pembangunan, bentuk kebijakan, kelembagaan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan buat pemenuhan hak anak.

"Sehingga semua nya tersistem. Tentu nya bukan hanya diranah Kabupaten saja tapi di Kecamatan, hingga ke tingkatan Desa/Kelurahan. Jadi semua nya nanti ketersediaan data dan sistem informasi anak terpilah dan berkelanjutan," ujarnya.

Salah satu Hak Anak yang harus dipenuhi yaitu kepemilikan Akta Kelahiran, sehingga secara administrasi mereka telah dilindungi oleh negara dan menjadi tanggung jawab negara. Sebab perlindungan terhadap anak merupakan suatu yang wajib, sehingga kekerasan terhadap kini bisa diminimalisir. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved