KPU Harapkan Partisipasi Aktif Masyarakat Memeriksa DPT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sejak (1/10) lalu telah melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP)

KPU Harapkan Partisipasi Aktif Masyarakat Memeriksa DPT
ist
Posko GMHP digelar di beberapa tempat strategis yang ramai dengan masyarakat. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sejak (1/10) lalu telah melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dan direncanakan sampai dengan (28/10) akan datang.

GMHP merupakan gerakan nasional, dimana KPU RI dan jajarannya hingga tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih.

Rizky Rinaldi Komisioner KPU defisi data informasi menyampaikan untuk masyarakat khususnya di Beltim, diminta partisipasinya secara aktif untuk mengecek di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan datang ke Posko GMPH yang telah disediakan KPU Beltim.

"Kalau memang belum terdaftar akan kita daftarkan, ada data yang perlu diberkaiki kita perbaiki ataupun ada yang keluarganya sudah tidak memenuhi syarat kita hapus," ujar Rizky kepada posbelitung.co saat ditemui dikantornya, Kamis (18/10/2018).

Sampai dengan hari Rabu (17/10) dari sebanyak 365 pengunjung posko GMPH KPU Beltim, 352 orang dinyatakan terdaftar, 14 orang tidak terdaftar, dan 4 orang tidak terdata.

"Masih akan kita rekap, sampai dengan kemarin masih ke kecamatan, desa dan tokoh masyarakat, Kami ini istilahnya jemput bola karena kalau hanya di posko kurang efektif. Mungkin dengan kesibukan masyarakat dan lain, jadi kami langsung melakukan pendekatan turun ke masyarakat, baik itu, tokoh pemerintahan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat umum," kata Rizky.

Inti kegiatan ini sebenarnya tak lain dan tak bukan, sesuai namanya adalah untuk melindungi hak pilih masyarakat agar pada tanggal 17 April 2019 mereka susah punya tiket untuk mencoblos di pemilu serentak.

Rizky juga mengatakan upaya-upaya KPU Beltim, di GMHP selain mendirikan posko, kami juga berupaya berkoordinasi dengan Disdukcapil dan bawaslu.

"Dan ada beberapa elemen data yang perlu kita tindaklanjuti terkait Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan satu, Jadi terus kita upayakan karena bagaimanapun hak pilih masyarakat perlu kita jaga perlu kita lindungi. Termasuk kami lakukan gebrakan secara Nasional tanggal 17 Oktober, untuk melindungi hak pilih meluncurkan posko dari Pusat Peovinsi Kabupaten kecamtan hingga desa. Melalui perwakilan di PPS dan PPK.

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved