DPRD Minta Gubernur Cabut Izin PKS yang Tak Beli Sawit Rakyat

DPRD Provinsi Bangka Belitung akan menyurati Gubernur Erzaldi untuk menindak tegas perusahaan pabrik kelapa sawit (PKS)

DPRD Minta Gubernur Cabut Izin PKS yang Tak Beli Sawit Rakyat
Bangka Pos / Hendra
Pertemuan DPRD Bangka Belitung dengan Satgas Sawit dan Dinas Pertanian Babel, terkait permasalahan harga sawit di Bangka Belitung, Senin (22/10/2018). 

POSBELITUNG.CO--DPRD Provinsi Bangka Belitung akan menyurati Gubernur Erzaldi untuk menindak tegas perusahaan pabrik kelapa sawit (PKS) yang tak membeli sawit petani di Bangka Belitung.

Keinginan ini diminta dewan usai melakukan pertemuan dengan Satgas Pengendalian Harga Sawit dan Dinas Pertanian Bangka Belitung, Senin (22/10/2018).

“Dari hasil pertemuan kita di Banmus, jadi kita sepakat akan menyurati gubernur agar menerbitkan surat untuk menindak tegas perusahaan yang tidak mau membeli sawit petani. Tidak lagi dengan peringatan-peringatan, kasihan masyarakat kita,” kata Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya kepada bangkapos.com.

Permasalahan sawit di Bangka Belitung kian parah. Sebelumnya pengusaha beralasan kapasitas pabrik mereka sudah berlebihan. Akibatnya tak mampu menampung sawit petani.

Alasan lainnya, terkait dengan tranportasi pengiriman CPO dari Babel terhambat karena cuaca.

Ternyata saat ini dari dari sekian banyak pabrik sawit di Pulau Bangka, hanya 2 yang masih beroperasi.

Lanjut Didit, Gubernur juga harus segera mengkomunikasikan dengan Gubernur Sumsel agar bisa membeli sawit petani dari Bangka Belitung.

“Ini solusi jangka pendeknya. Kita tidak mau lagi sebut DPRD ini pecundang. Gubernur harus carikan solusi agar sawit petani kita ini bisa dibeli oleh pabrik,” ujar Didit.

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved