video

Kondisi Sakan di Kolong PDAM Desa Air Saga Porak Poranda, Begini Kondisi Sumber Air Baku Sekarang

Kalau misalkan sudah layak akan kami distribusikan. Tapi itu dengan catatan tidak ada aktivitas tambang

Kondisi Sakan di Kolong PDAM Desa Air Saga Porak Poranda, Begini Kondisi Sumber Air Baku Sekarang
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi sumber air baku di kolong PDAM yang terletak di Dusun Air Serkuk, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (23/10) masih dalam keadaan keruh. 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kondisi sumber air baku Dusun Air Serkuk, Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Selasa (23/10/2018) masih terlihat keruh dan berwarna coklat. Ini dipengaruhi, lantaran air PDAM sudah tercemar diduga akibat kegiatan tambang ilegal.

Manajemen belum berani untuk mendistribusikan air tersebut kepada pelanggan.

Terdapat sekitar 800 pelanggan PDAM di Kelurahan Kota, Desa Air Saga dan sepanjang jalan Sriwijaya Kecamatan Tanjungpandan terpaksa harus distop pendistribusian oleh perusahaan plat merah tersebut, lantaran kondisi air PDAM tidak layak.

Sedangkan untuk lokasi penambangan yang berada di bibir kolong PDAM ini kemarin hanya tersisa pasir tailing timah berwarna putih. Tujuh unit sakan yang semula berada di dalam aset wilayah pemerintah daerah (pemda) tersebut sudah tidak terlihat.

Sebagian sakan-sakan itu sudah berada di dalam air kolong tersebut, dan hanya terlihat sebagian terpal berwarna biru yang sudah porak poranda terletak di atas pasir tailing timah.

Direktur PDAM Kabupaten Belitung Erwinta mengatakan, berdasarkan informasi dari penjaga malam di wilayah PDAM tersebut, Senin (22/10) malam mereka sudah tidak mendengar lagi adanya aktivitas pertambangan timah tersebut.

"Kalau semalam sudah tidak ada, cuma kami belum mengecek bagaimana kondisi di lokasi hari ini. Kalau untuk kapan air di kolong itu akan kami distribusikan kepada pelanggan, besok (rabu -- red) kami akan mencoba mengelola nya. Kalau misalkan sudah layak akan kami distribusikan. Tapi itu dengan catatan tidak ada aktivitas tambang," kata Erwinta kepada posbelitung.co. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved