Kabar Baik! Indonesia Kini Punya AC yang Bikin Hemat Listrik

LG Electronics Indonesia baru saja meluncurkan varian baru AC inverter miliknya, AC LG DUALCOOL with Watt Control

Kabar Baik! Indonesia Kini Punya AC yang Bikin Hemat Listrik
ist
AC LG dual cool with watt control 

POSBELITUNG.CO-- LG Electronics Indonesia baru saja meluncurkan varian baru AC inverter miliknya, AC LG DUALCOOL with Watt Control, Rabu (17/10/2018).

Berada di iklim tropis membuat kepemilikan AC seakan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak keluarga di Indonesia. Mengingat penggunaannya dalam durasi panjang setiap harinya, membuat besar konsumsi listrik jadi pertimbangan.

Selain terkait soal tagihan listrik bulanan, kapasitas total daya listrik terpasang di rumah juga jadi dasar pertimbangan ini. Tak jeli memilih, justru kerap menimbulkan kerepotan tersendiri.

//

Tak jarang, pengguna dihadapkan pada pilihan antara kenyamanan istirahat dengan hembusan sejuk AC atau mengerjakan sebuah aktivitas yang sama-sama membutuhkan dukungan daya listrik tak sedikit.

Saat sebagian anggota keluarga sedang bersantai di kamar dengan menyalakan AC misalnya, di sisi lain, ada kebutuhan mengoperasikan mesin cuci untuk menyelesaikan pakaian kotor.

Kondisi inilah yang ditangkap baik oleh PT. LG Electronics Indonesia untuk kemudian memperkenalkan AC LG DUALCOOL with Watt Control. AC ini mengadopsi teknologi inverter yang membuatnya 70% lebih hemat listrik dibanding AC standar. Namun bukan hanya hal ini yang menjadikannya AC pilihan buat masyarakat Indonesia.

Membawa tingkat penghematan listrik lebih optimal, AC inverter terbaru ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya mengatur daya listrik (watt) yang dibutuhkan.

Mulai dari 100%, 80%, 60%, hingga mampu untuk tetap beroperasi baik dengan daya listrik hanya 40%. Pengaturannya dapat dilakukan melalui sebuah tombol pada remote control-nya.

“Dengan fitur Watt Control yang mampu mengatur besar daya listrik, semua aktivitas dapat dilakukan tanpa perlu lagi mengorbankan kenyamanan. Inilah yang membuatnya cocok untuk masyarakat Indonesia,” ujar Dimas Raditya, Head of Product Marketing Residential Air Conditioning pada PT. LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut ia memberikan ilustrasi penggunaan dengan AC LG DUALCOOL with Watt Control bertipe Smart Model E06SV4 dengan kapasitas 1/2 PK. Saat pengaturan pada 80% daya listrik, AC LG ini menurunkan watt-nya yang semula 495 watt menjadi 419 watt.

Penurunan 76 watt ini setara dengan daya listrik TV LED 32 inci. Turunkan hingga 60%yang menjadikannya dapat beroperasi dengan 312 watt. Penghematan 183 watt ini membuat pengguna dapat mengoperasikan mesin cuci top loading 7 kg yang rata-rata memiliki kebutuhan daya listrik sejumlah tersebut. Pengaturan pada daya paling rendah, 40%, akan membuatnya hanya memerlukan 215Watt. 

Tak cuma menyoal kapasitas daya listrik rumah terbatas yang membuat AC LG DUALCOOL with Watt Control tepat dikatakan menjadi AC LG yang sesuai buat masyarakat Indonesia. Lebih jauh dari itu, hal ini juga terkait dengan letak Indonesia pada belahan bumi yang memiliki iklim tropis.

Hal ini membuat suhu lingkungan mengalami rotasi dengan fluktuasi nyata dari cenderung sejuk, panas, hingga kembali sejuk sepanjang hari.

Saat suhu berubah menjadi cenderung sejuk ketika menjelang tidur di malam hari misalnya, fitur Watt Control dapat diatur bekerja dengan mengurangi daya operasi AC sesuai dengan kebutuhan.

“Pengaturan penurunan daya listrik pada kondisi tertentu, seperti saat suhu sekitar cenderung sejuk, akan tetap memberikan kenyamanan pemakaian yang setara. Listrik lebih hemat tanpa harus mengorbankan kenyamanan istirahat,” ujar Dimas lagi. Menambah kenyamanan sesi istirahat penggunanya, Dual Inverter compressor LG membuat AC LG DUALCOOL with Watt Control beroperasi dengan tingkat bunyi lebih senyap.

Menambah kenyamanan penggunaan, LG menyematkan berbagai fitur tambahan. Termasuk di dalamnya JetCool, Ionizer, dan SmartThinQTM.

Sesuai namanya, fitur JetCool bisa membuat AC LG DUALCOOL with Watt Control mempersingkat proses pendinginan ruang. Fitur ini membuat AC bekerja menyemburkan suhu 180C dengan satu klik untuk kemudian mempertahannya pada tingkat suhu yang diinginkan.

Di sisi lain, fitur Ionizer dapat memberikan kenyamanan dari penciptaan udara bersih dari berbagai kontaminan merugikan yang melayang di udara dalam ruang seperti bakteri, virus, dan kuman. Lalu fitur aplikasi SmartThinQTM hadir menjadi jawaban LG atas gaya hidup modern dengan mobilitas tinggi saat berhadapan dengan kebutuhan kendari perangkat elektronik di rumah.

Berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQTM memungkinkan pengguna memberi berbagai perintah kendali jarak jauh untuk tiap unit air conditioner pada masing-masing ruang dalam rumah. 

Kendali yang tersedia di fitur ini cukup lengkap, mulai dari mengaktifkan, mematikan, pengaturan kecepatan putar kipas, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan, hingga mengaktifkan fitur khusus penyertanya seperti fitur pendukung kesehatan ionizer.  Aplikasi SmartThinQTM sudah bisa diunduh pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Editor: khamelia
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved