Bahar Buasan: Laut Kita Harus Bebas dari Sampah

Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan mengajak masyarakat menjaga kebersihan pantai dan laut untuk menarik pariwisata berkunjung ke Babel

Bahar Buasan: Laut Kita Harus Bebas dari Sampah
ist
Bahar Buasan saat berbincang dengan nelayan 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung, Bahar Buasan mengajak masyarakat menjaga kebersihan pantai dan laut untuk menarik pariwisata berkunjung ke Babel.

"Karena apa, apabila laut sumber perikanan dijaga, pasti laut akan indah, dan tanpa keindahan laut, pariwisata tidak akan terjadi. Orang tidak akan datang ke Pantai Bangka Belitung, kalau pantainya keruh, kotor dan nelayan tidak akan dapat ikan banyak pada saat melaut," kata Bahar Buasan, Jumat (09/11/2018).

Menurut Bahar Buasan, daerah Babel memiliki 79,9 % wilayah perairan laut dengan pantai yang membentang luas. Sehingga letak geografis tersebut membuat banyak nelayan menggantungkan nasibnya pada laut.

"Maka dari itu, laut harus dijadikan sumber daya perikanan yang utama. Saya juga di sini mengajak masyarakat, bersih dari sampah plastik, dan jangan buang sampah sembarangan," pesannya

Bahar juga mengatakan, musuh laut adalah sampah plastik karena dapat merusak lingkungan laut. Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Diet Kantong Plastik, Tiza Mafira bahwa 1 kilogram plastik dapat mencemarkan laut.

“1 Kilogram plastik itu kalau terbuang ke laut bisa menjadi 84 mikroplastik,” ungkap Tiza, di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menurutnya di Indonesia ada 85 ribu ton berupa sampah plastik tidak terkelola dengan baik sehingga mencemari lingkungan, baik darat, sungai maupun laut.

“Karena sifat plastik yang tidak bernilai terlalu tinggi, maka kebanyakan dibuang dan berakhir di sungai. Bahkan, sampah plastik yang baru bisa didaur ulang hanya 2 persen,“ kata Tiza.

Untuk mengantisipasi hal itu, Bahar Buasan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai maupun laut. Karena menurutnya laut adalah sumber mata pencaharian bagi nelayan.

"Mari kita jaga kekayaan alam kita dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Jangan kita kotori laut agar nelayan maupun tempat wisata yang kita miliki akan tetap terjaga keasriannya," tutupnya.

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved