Dana Dukungan Partisipasi Event Promosi Pariwisata Belum Dimanfaatkan Secara Merata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung A. Rivai mengatakan selama 2018 pihaknya menyediakan dana dukungan partisipasi

Dana Dukungan Partisipasi Event Promosi Pariwisata Belum Dimanfaatkan Secara Merata
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Rapat evaluasi perencanaan 2018 yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung di Golden Tulip Essential Hotel, Rabu (7/11/2018). 

Dana Dukungan Partisipasi Event Promosi Pariwisata Belum Dimanfaatkan Secara Merata

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung A. Rivai mengatakan selama 2018 pihaknya menyediakan dana dukungan partisipasi yang bisa dimanfaatkan dinas kabupaten/kota yang ingin melaksanakan kegiatan berhubungan dengan promosi pariwisata.

Pada 2018 pagu anggaran kegiatan partisipasi event promosi pariwisata Rp 2.321.415.000 belum dimanfaatkan secara merata oleh 7 kabupaten/kota. Pasalnya Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang belum menyelenggarakan event promosi pariwisata hingga 30 Oktober.

"Hambatannya karena membangun sesuatu berdasarkan skala prioritas. Misalnya Bangka Tengah harus mempersiapkan Porprov (pesta olahraga provinsi), sehingga event pariwisata belum bisa berjalan," katanya usai rapat evaluasi perencanaan 2018 di Golden Tulip Essential Hotel, Rabu (7/11/2018).

Namun ini hanya bersifat sementara sehingga ia mengharapkan pada 2019 event pun bisa berjalan sesuai rencana dan dana tersebut bisa dimanfaatkan. Dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan cara mengajukan proposal yang ditujukan kepada Gubernur Bangka Belitung paling lama 31 Mei tahun anggaran berjalan dalam rangka pengalokasian anggaran tahun selanjutnya.

"Jadi kalau event nya tahun 2020, maka paling lama mengajukan proposalnya pada 31 Mei 2019," jelasnya.

Dana tersebut harus dimanfaatkan untuk mendukung sektor pariwisata serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sektor tersebut. Rivai mengatakan jangan sampai dana yang dialokasikan tidak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, sementara sudah ditetapkan pariwisata jadi sektor unggulan Babel.

Dana dukungan tersebut dapat dimanfaatkan kelompok masyarakat atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengajukan sesuai dengan kegiatan promosi pariwisata yang diselenggarakan.

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved