Jaga stabilitas Harga Sawit, Rudianto Bantu Pemda Babel Perbanyak Pabrik CPO

Rudianto Tjen berkomitmen membantu pemerintahh daerah untuk meningkatkan sektor industri perkebunan dengan memperbanyak pabrik pengolahan

Jaga stabilitas Harga Sawit, Rudianto Bantu Pemda Babel Perbanyak Pabrik CPO
posbelitung.co
Rudianto Tjen duduk bareng dengan para petani sawit di Bangka Belitung guna mendengarkan aspirasi mereka. 

POSBELITUNG.CO--Rudianto Tjen, Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Dapil Bangka Belitung, komitmen akan membantu pemerintah daerah Babel untuk meningkatkan sektor industri perkebunan dengan memperbanyak pabrik pengolahan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

“Saya akan bantu pemerintah daerah untuk memperbanyak pabrik CPO di Babel ini," papar Rudianto.

Selama ini, masalah yang dihadapi Petani Sawit di Bangka Belitung adalah kurangnya pabrik pengolahan minyak sawit mentah yang menampung pasokan kelapa sawit dari perkebunan. Lebih lagi saat musim panen tiba.

Hal tersebut diketahui oleh Rudianto Tjen, karena dirinya memang rutin turun ke lapangan, saat menyerap aspirasi dari para Petani Sawit di Babel, sehingga ia tahu persis apa yang menjadi problem para petani sawit di Babel.

“Pada musim panen raya, banyak pabrik pengolahan sawit yang kewalahan, akibat banyaknya pasokan sawit," jelas Rudianto.

"Jadi sawit yang masuk ke pabrik harus antre, sehingga dampaknya banyak sawit yang terbengkalai hingga berhari-hari,” sambungnya.

Menurut Rudianto Tjen, imbas dari hal tersebut ialah berakibatnya pada turunnya kualitas sawit yang menyebabkan harga sawit menurun.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, seperti hukum ekonomi yakni semakin langka suatu barang maka akan semakin tinggi nilai jualnya, sedangkan semakin banyak barang, maka semakin rendah harga jualnya.

“Kalau urusan sawit ini kita berpacu pada hukum ekonomi soal kelangkaan barang. Hal ini lah yang harus kita atasi bersama agar stabilitas harga sawit itu terjaga,” kata Rudianto Tjen.

Permasalahan yang dihadapi ini, sebaiknya tidak dikesampingkan, karena ini juga menyangkut terhadap pertumbuhan pembangunan di Babel sendiri.

Sebab, dengan potensi sawit yang dimiliki Babel, Rudianto mengharapkan sektor tersebut bisa mendukung pembangunan Babel, sebagaimana yang memang sudah menjadi visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya yakin Presiden juga akan melihat potensi Sawit Bangka Belitung, karena Presiden Jokowi mempunyai visi dan misi yang sejalan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur agar Indonesia semakin sejahtera,” jelas Rudianto Tjen.

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved