Pasar Wisata Baru Diresmikan, Semua Kuliner Khas Belinyu Ada di Sini

Berbagai jenis penganan ada di kota ini. Kuliner yang ada tak perlu diragukan, pasti maknyus rasanya.

Pasar Wisata Baru Diresmikan, Semua Kuliner Khas Belinyu Ada di Sini
(Photo Ist Kiriman Restu/Thony Marza)
Suasana Pasar Wisata Kuliner Belinyu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

POSBELITUNG.CO-- Berbagai jenis penganan ada di kota ini. Kuliner yang ada tak perlu diragukan, pasti maknyus rasanya.Terobosan baru pun dilakukan Pemerintah Propinsi Babel, Pemerintah Kabupaten Bangka dan Kecamatan Belinyu. Sebuah pusat jajanan diresmikan di Lapangan Hijau Perumnas Belinyu, Sabtu (17/11/2018) malam.

Sejumlah menu makanan dapat ditemukan di acara itu. Makanan khas berbahan daging ikan seperti kelesan (empek-empek), cacak ikan (enjan), otak-otak, bakwan, model, menggoda selera. Tak hanya itu, sejumlah masakan, seperti lempah kuning, pindang serta berbagai jenis kue juga tersedia. "Ini kita namakan Pasar Wisata Kuliner Belinyu," kata Plt Camat Belinyu, Restu kepada Bangka Pos, di sela-sela acara peresmian, Sabtu (17/11/2018) malam.

Diakui Restu, Belinyu kaya berbagai jenis makanan atau jajajan kuliner. Jenis jajanan yang ada tentu saja sudah sangat memasyarakat, bahkan dikenal hingga keluar daerah."Makanan khas Belinyu terutama yang berasal dari olahan ikan dan hasil laut lainnya sudah sangat familiar bagi masyarakat Pulau Bangka pada umumnya, bahkan sampai keluar daerah," kata Restu.

Kuliner berbahan utama daging ikan tersebut, berasal dari industri kecil atau industri rumah tangga di daerah setempat. Produk yang dihasilkan tak hanya dalam bentuk basah siap santap, tapi juga dalam bentuk kering dalam kemasan. "Tentunya yang memproduksi makanan seperti kerupuk, getas, kricu, otak-otak, siput gunggung dan lain-lain," kata Restu menyebut cukup banyak warung jajanan kuliner di kota kecamatan itu.

Sementara itu, Pasar Wisata Kuliner Belinyu di Lapangan Hijau Perumnas Belinyu diresmikan oleh Wakil Bupati Bangka, Syahbudin alias Dino. Hadir di acara itu berbagai Pejabat Pemprop Babel, Pejabat Pemkab Bangka dan juga tokoh masyarakat kecamatan. Acara juga diselingi hiburan musik, sehingga menjadi semakin meriah.

"Acara Pasar Wisata Kuliner Belinyu ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Propinsi Babel, Disperindag Bangka dan didukung oleh Pihak Kecamatan Belinyu. Intinya kita berharap melalui even ini, tumbuh sebuah pusat pasar kuliner yang dapat mendukung usaha kecil (UMKM) dan dunia pariwisata. Makanya kita selenggarakan acara di Lapangan Hijau Perumnas Belinyu," tambah Kepala Dinas Tenaga Kerja Prindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangka, Thony Marza, Sabtu (17/11/2018) malam.(*)

Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved