Kesehatan

Belum Banyak yang Tahu, Ini Ternyata Khasiat Buah Naga

Buah naga yang tumbuh di daerah tropis begitu banyak diminati masyarakat --selama ini diketahui memiliki rasa yang cukup enak untuk

Belum Banyak yang Tahu, Ini Ternyata Khasiat Buah Naga
Bangka Pos/ Agus nuryadhyn
Sudarto Petani Buah Naga memmperlihatkan tunas di pohon buah naga yang diserang hama. 

Belum Banyak yang Tahu, Ini Ternyata Khasiat Buah Naga

POSBELITUNG.CO - Buah naga yang tumbuh di daerah tropis begitu banyak diminati masyarakat --selama ini diketahui memiliki rasa yang cukup enak untuk dijadikan bahan makanan.

Namun di balik itu, buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari. Karena keindahan bunganya, seringkali bunga buah naga mendapat julukan moonflower atau Queen of the night.

Bagian dalamnya buah naga ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih dan tampilan bagian dalam buahnya hampir sama dengan kiwi, yakni terdapat biji hitam kecil-kecil yang juga bisa dimakan.

Dari sejarah tumbuhan ini, buah naga ini asli dari Amerika Tengah, namun juga berkembang dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, seperti Thailand dan Vietnam. Hylocereus undatus, bahasa latin dari buah naga, merupakan buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Beberapa orang mengira bahwa buah naga dengan daging putih dan merah berbeda, namun sebenarnya sama-sama bernutrisi bagi tubuh.

Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, bahkan untuk ibu hamil.

Cara mengkonsumsi buah naga sangat mudah, Anda bisa membelah buah naga menjadi dua bagian, lalu keruk isinya dan makanlah. Bisa juga di blender untuk dijadikan jus buah naga.

Bush naga juga mengandung beberapa manfaat kesehatan yang unik.

Dikutip dari laman Victoria Health, Senin (19/11/2018), sebagian orang memang tidak pernah melihat buah yang termasuk dalam keluarga tanaman kaktus itu, karena buah ini hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis di kawasan Amerika Selatan dan Asia.

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved