Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Teatrikal Ngembarik di Festival De Senyoebok Kelapa Kampit

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Teatrikal Ngembarik di Festival De Senyoebok Kelapa Kampit

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Teatrikal Ngembarik di Festival De Senyoebok Kelapa Kampit
posbelitung.co/suharli
Para penonton padati lapangan segitiga, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyaksikan puncak festival De Senyoebok pentaskan teatrikal Ngembarik De Senyoebok. Sabtu (24/11/2018) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Masyarakat tumpah ruah memadati lapangan Segitige, Kelapa Kampit, Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (24/11/2018) malam.

Mereka berkumpul memeriahkan acara puncak festival De Senyoebok.

Di malam acara puncak tersebut, dipentaskan teatrikal ngembarik yang dibawa oleh sanggar tari payung tara dan Sanggar Citra Artistika.

Penampilan teatrikal ngembarik yang dipentaskan dua sanggar tersebut Membuat masyarakat betah berlama-lama duduk di depan panggung pentas.

Uniknya dalam teatrikal Ngembarik, narasinya dibacakan langsung dari para mantan Kepala Desa (Kades) Senyubuk

Dalam teatrikal ngembarik diceritakan sejarah awal mula desa tertua tersebut berdiri hingga sampai saat ini.

"Kami kan termasuk Desa tua yang la banyak kenangan, yang tak lepas dari sejarah, jadi Ngembarik ini menceritakan sejarah desa Senyubuk dari dulunya sampai pemerintahan sekarang, narasi teatrikal disampaikan oleh mantan-mantan kepala desa," kata Kepala Desa Senyubuk Annasrul Hakim (Annas), kepada Posbelitung, Sabtu (24/11/2018).

Annas menjelaskan, festival De Senyoebok ini kali pertama diselenggarakan, dengan tujuan bisa menarik minat wisatawan berkunjung ke desa tersebut.

"Kami ingin mengangkat seni dan budaya yang ada di Pulau Belitung pada khususnya, sesuai dengan desa wisata, dan juga meningkatkan daya tarik kepada para wisatawan," ujar Annas.

Sementara itu Camat Kelapa Kampit, Syahrial yang turut hadir dalam malam puncak festival De Senyoebok mengapresiasi kegiatan ini.

"Kami sangat memberikan dukungan kepada pemerintah Desa Senyubuk dalam festival De Senyoebok yang pertama ini, harapan kami Desa Senyubuk dan Kecamatan kelapa kampit lebih maju berkembang terutama di sektor pariwisata nya" ujar Syahrial saat ditemui posbelitung disela acara kegiatan.

Syahrial juga menuturkan bertepatan dengan festival De Senyoebok juga bersertaan dengan festival geopark Pulau Belitung III, satu di antara geosite Open pit nam berlokasi di Desa Senyubuk.

Penulis: Suharli
Editor: asmadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved