Dokter Spesialis Anak: Waspada Penyakit di Musim Hujan, Beri Makan Bergizi, Istirahat dan Imunisasi

Memasuki musim penghujan ada beberapa jenis penyakit yang harus anda waspadai, khususnya bagi orang tua.

Dokter Spesialis Anak: Waspada Penyakit di Musim Hujan, Beri Makan Bergizi, Istirahat dan Imunisasi
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Dokter Spesialis Anak, Dr Mulyo Budiono, SpA. 

POSBELITUNG.CO-- Memasuki musim penghujan ada beberapa jenis penyakit yang harus anda waspadai, khususnya bagi orang tua.

Perubahan suhu pada musim hujan menyebabkan bakteri mudah berkembang dan mempengaruhi kesehatan, terutama bagi anak-anak dengan daya tahan tubuh lemah.

Beberapa potensi penyakit yang mengancam anak anda saat musim hujan di antaranya ialah diare, flu dan batuk.

Dokter Spesialis Anak, Dr Mulyo Budiono, SpA pemicu dari dua munculnya penyakit ini karena tingkat kebersihan lingkungan, pribadi, maupun asupan yang masuk ke dalam perut anak tidak terjaga. Beberapa penyakit itu cenderung mudah menular apabila daya tahan tubuh anak lemah, apa lagi bila anak tak mendapatkan imunisasi.

"Penyakit yang paling rawan menyerang anak saat musim hujan diare atau orang kita kenal dengan mencret, flu dan batuk. Ini karena virus yang mudah menular, daya kebal anak belum kuat ditambah tidak imunisasi, kondisi lingkungan yang tidak bersih," katanya, Minggu (2/12/2018).

Orang tua tak perlu khawatir, selama anak-anak mendapatkan istirahat yang cukup, asupan gizi yang terjaga dan imunisasi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit ini.

"Ini kan disebabkan bakteri, kalau anak mangkonsumsi makanan yang bergizi dan cukup istirahat dapat cepat memulihkan kondisinya, karena dengan makanan bergizi akan meningkatkan daya tahan tubuh anak," jelasnya.

Disinggung untuk mengkonsumsi vitamin tambahan, ia menyebutkan sebenarnya tak perlu jika anak rajin mengkonsumsi buah dan sayuran.

"Vitamin-vitamin ini sesungguhnya sudah tersedia banyak makanan, selama anak mau makan sayur dan buah itu cukup. Kalau mau menambahkan seperlunya saja, kalau banyak vitamin enggak baik juga," jelasnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved