CPNS 2018

538 Orang Peserta CPNS Belitung Dinyatakan Ikuti SKB, 6 Jabatan Formasi Kosong

Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung, sudah mendapatkan validasi data peserta calon pegawai negeri sipil

538 Orang Peserta CPNS Belitung Dinyatakan Ikuti SKB, 6 Jabatan Formasi Kosong
Tribun kaltim
538 Orang Peserta CPNS Belitung Dinyatakan Ikuti SKB, 6 Jabatan Formasi Kosong 

538 Orang Peserta CPNS Belitung Dinyatakan Ikuti SKB, 6 Jabatan Formasi Kosong

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung, sudah mendapatkan validasi data peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS), untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dari 285 alokasi formasi yang terdapat di Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung, ada enam formasi masih kosong alias tetap tidak miliki peserta pada ujian SKB nanti.

Enam formasi tersebut, semula memang tidak ada pelamar, dan adapula yang ada pelamar, tapi tidak memenuhi persyaratan.

Enam alokasi formasi itu, formasi guru prakarya, dokter spesialis bedah, penata anastesi ahli pertama, pengawas irigasi, pengelola perumahaan dan pemukiman, serta pengelola rekayasa lalu lintas.

"Tetap ada yang kosong, walau kini kami sudah menerima validasi data untuk SKB dari BKN. Nah yang validasi data untuk SKB ini kemarin, itu semua 538 orang peserta yang dinyatakan lulus P1/L dan P2/L," kata Kabid Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Kabupaten Belitung Rahmat Kurniawan kepada Posbelitung.co, Senin (3/12/2018).

Untuk peserta dengan kode P1/L, yaitu peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) yang lulus passing grade, didasari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerofmasi Birokrasi (Permenpan-RB) nomor 37 tahun 2018 tentang nilai ambang batas SKD pengadaan CPNS tahun 2018.

Sedangkan kode P2/L, yaitu peserta SKD yang dinyatakan lulus berdasarkan rangking pada alokasi formasi kosong. Itu didasari dengan Permenpan-RB nomor 61 tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan/formasi PNS dalam seleksi CPNS tahun 2018.

"Yang lulus passing grade itu ada 84 orang, namun yang bisa mengikuti SKB hanya 81 orang saja, karena ada dua alokasi formasi ini hanya membutuhkan satu orang dan yang dinyatakan lulus passing grade itu lebih dari tiga, jadi yang diambil hanya tiga peserta saja," ujarnya.

Tiga orang yang tidak bisa melanjutkan ke SKB, namun lulus passing grade yaitu dua orang di formasi pengelola teknologi informasi dan formasi analis pelayanan sosial. Dua formasi tersebut masing - masing hanya membutuhkan satu jabatan saja.

"Satu peserta yang lulus passing grade lima orang, satu lagi empat orang. Nah yang bisa mengikuti SKB masing - masing hanya tiga orang saja," ucapnya.

Khusus untuk peserta P2/L, kata Rahmat, yang memiliki nilai di atas standar 255 dari total Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tersebut berjumlah 1.622 orang peserta.

"Tapi yang bisa mengikuti seleksi hanya 457 orang peserta, soalnya dari satu formasi itu kami menghitung kelipatan tiga. Ditambah dengan 81 orang P1/L tadi, jadi 538 orang semuanya yang nanti akan ikut SKB," pungkasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved