Bahar Buasan: Petani Organik Butuh Dukungan Nyata Pemerintah

Apresiasi ini terutama kepada para petani yang masih setia menggunakan pupuk organik sebagai penyubur tanaman mereka.

Bahar Buasan: Petani Organik Butuh Dukungan Nyata Pemerintah
posbelitung.co
Bahar Buasan membantu merawat tanaman warga sebagai perhatiannya terhadap petani yang masih mempertahankan pertanian organik 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI dapil Bangka Belitung (Babel), Bahar Buasan mengatakan apresiasi terhadap petani tradisional harus dilakukan oleh pemerintah. Apresiasi ini terutama kepada para petani yang masih setia menggunakan pupuk organik sebagai penyubur tanaman mereka.

"Yang harus kita bangun adalah semangat petani, bagaimana pemerintah mampu mengapresiasi petani, termasuk mereka yang masih menggunakan pupuk kandang. Karena ini sehat dan hara tanah akan terjaga dengan baik," ujar Bahar Buasan dalam keteranganya kepada wartawan, Senin (3/12/2018).

Terkait kesejahteraan petani, senator Babel ini juga berencana membuka wisata agro atau pertanian di wilayah Bangka Belitung. Dengan begitu, kata dia, para pelancong tidak hanya terfokus pada wisata alam saja, namun juga pada edukasi pertanian setempat.

"Menurut saya harus dijadikan satu kesatuan wisata agrowisata, terutama untuk anak-anak sekolah dan mungkin para orangtua di kota, maupun untuk turis yang berasal dari luar daerah," tutur dia.

Rencana tersebut, kata Bahar, menjadi komitmen dirinya guna meningkatkan pendapatan petani. Ia akan mendorong pemerintah untuk memaksimalkan potensi wisata Babel dengan menjaga harmoni sosial dan alam.

Hal itu merupakan, program Bahar Buasan kedepan, bagaimana mempersiapkan peralihan ekonomi masyarakat dari tambang ke ekonomi 3+2. Dimana salah satunya mengembangkan pariwisata.

Program unggulan Bahar Buasan tersebut diharapkan nantinya dapat memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, kehutanan, perkebunan untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan di Babel yang kaya akan potensi alamnya.

"Nanti tinggal bagaimana perencanaan kita ini bisa selaras dengan yang dilakukan oleh pemerintah daerah serta perencanaan tersebut bisa diterapkan dengan baik, agar petani-petani di Babel ini bisa sejahtera," pungkas Bahar Buasan.

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved