Peringatan HKN Ke-54 di Belitung Timur, Genjot Derajat Kesehatan Masyarakat

DINAS Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur Beltim (DKPPKB Beltim) menggelar Peringatan Hari Kesehatan

Peringatan HKN Ke-54 di Belitung Timur, Genjot Derajat Kesehatan Masyarakat
Posbelitung.co
DINAS Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur Beltim (DKPPKB Beltim) menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54, Jumat (30/11). 

Peringatan HKN Ke-54 di Belitung Timur
*Genjot Derajat Kesehatan Masyarakat

DINAS Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur Beltim (DKPPKB Beltim) menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54, Jumat (30/11). Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor bupati tersebut mengusung tema “Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita”.

Acara diawali senam bersama di bawah arahan instruktur Nunung Salimah. Adapun pesertanya para pegawai Pemkab Beltim.
Kepala DKPPKB Beltim Yulhaidir menyampaikan, HKN juga sekaligus mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Dalam Germas ada tiga poin yang ditekankan, yakni aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, dan pemeriksaan secara berkala,” ujarnya.

Ia menambahkan, presentase Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebesar 65 persen dari 31.082 rumah tangga yang disurvei di tujuh kecamatan se-Beltim. Angka itu menunjukkan masih perlunya upaya sosialisasi dan promosi, baik di tatanan rumah tangga, sekolah, dan tempat umum.

Menurut Yulhaidir, dalam rangka HKN ke-54, dinkes berupaya menanamkan prinsip bahwa pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang tinggi.

“Usaha pencapaian derajat kesehatan masyarakat, perlunya brand image bahwa kesehatan merupakan suatu kebutuhan, sehingga kita termotivasi untuk mencapainya dengan melakukan hal kecil seperti menjaga pola makan, dan berolahraga,” kata Yulhaidir.

Rangkaian kegiatan juga diadakan pelayanan seperti pengecekan kesehatan dari tujuh puskemas se-Beltim bagi pegawai pemkab, pembagian door prize, dan pemberian trofi kepada pemenang lomba-lomba yang diselenggarakan DKPPKB. Selanjutnya ada tausiyah dan potong tumpeng di aula kantor DKPPKB.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dinkes Babel) Bahuri menyambut baik peringatan HKN di Beltim. Menurutnya, dinkes provinsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah diminta menggalakkan hidup sehat melalui Germas.

“Memang mengukur keberhasilan Germas butuh waktu yang panjang. Tapi paling tidak, ada sinyal positif baik itu dari pemerintah daerah maupun masyarakat di lapangan,” ujar Buhari.

Halaman
123
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved