Begini Cara Kenali Tanda-tanda Demam Berdarah dan Cara Penanganan Awalnya

Demam dengue atau Demam berdarah adalah demam yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi panas yang sangat tinggi

Begini Cara Kenali Tanda-tanda Demam Berdarah dan Cara Penanganan Awalnya
net
Ilustrasi nyamuk. Begini Cara Kenali Tanda-tanda Demam Berdarah dan Cara Penanganan Awalnya 

Begini Cara Kenali Tanda-tanda Demam Berdarah dan Cara Penanganan Awalnya

POSBELITUNG.CO - Demam dengue atau Demam berdarah adalah demam yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi panas yang sangat tinggi, pada umumnya disertai sakit kepala nyeri sendi otot dan tulang serta nyeri di bagian belakang mata.

Di kabupaten Mempawah, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Muchtar Siagian mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 terdapat 154 kasus DBD, dan di tahun 2018 hingga bulan November terdapat 50 orang yang terkena DBD di Kabupaten Mempawah.

Petugas Kesehatan Puskesmas Mempawah Hilir, Dewi menerangkan bahwa Demam dengue atau yang lebih dikenal dengan Demam Berdarah, adalah demam yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi panas yang sangat tinggi, pada umumnya disertai sakit kepala, nyeri sendi, otot dan tulang serta nyeri di bagian belakang mata.

Ia menyebutkan bahwa Tanda dan gejala demam berdarah antara lain yakni pertama mendadak panas tinggi selama 2 sampai 7 hari.

Lalu, orang tampak lemah dan lesu, timbul bintik-bintik merah pada kulit, sering terasa nyeri di ulu hati, dan terkadang terjadi pendarahan di hidung (mimisan), dan tak jarang pula terjadi muntah dan BAB berdarah.

Dan bila sudah parah penderita gelisah tangan dan kaki dingin serta berkeringat bila tidak segera ditolong dapat menyebabkan kematian.

Di jelaskan bahwa Cara penanganan awal demam berdarah yakni berikanlah minuman kira-kira 2 liter (sekira 8 gelas), lalu kompres air hangat jika demam kita terlalu tinggi, dan berikan obat penurun panas.

Iapun mengimbau, bila panas tak kunjung reda bawalah ke tempat pelayanan kesehatan jika demam tidak kunjung turun.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Kenali Tanda-tanda Demam Berdarah dan Cara Penanganan Awalnya, http://pontianak.tribunnews.com/2018/12/04/kenali-tanda-tanda-demam-berdarah-dan-cara-penanganan-awalnya.
Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari

Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved