Gegara Ini, Saat Meninggal Ternyata Manusia Masih Sadar Kata Peneliti

BERDASARKAN hasil penelitian, seseorang yang sudah meninggal dunia dapat mengetahui bahwa dirinya telah meninggal karena sistem otak

Gegara Ini, Saat Meninggal Ternyata Manusia Masih Sadar Kata Peneliti
BANGKA POS
Gegara Ini, Saat Meninggal Ternyata Manusia Masih Sadar Kata Peneliti 

Gegara Ini, Saat Meninggal Ternyata Manusia Masih Sadar Kata Peneliti

POSBELITUNG.CO - BERDASARKAN hasil penelitian, seseorang yang sudah meninggal dunia dapat mengetahui bahwa dirinya telah meninggal karena sistem otak yang masih bekerja selama beberapa saat.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Kedokteran New York Stony Brook di Eropa dan Amerika berdasarkan kasus-kasus serangan jantung.

Para ilmuan mengetahui hal itu dari kesaksian orang-orang yang pernah mendapatkan CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau pertolongan pertama saat jantungnya berhenti berdetak.

Dr Sam Parnia, kepala penelitian tersebut menjelaskan bahwa seseorang yang mengalami henti jantung masih dapat melihat dokter dan suster di sekitarnya, masih mendengar pembicaraan di sekelilingnya, dan masih melihat apa yang sebenarnya terjadi.

“Itu (ketika seseorang dinyatakan meninggal) semua didasarkan pada saat jantung berhenti bekerja. Secara teknis, itu adalah waktu kematian anda,” kata dr Parnia dilansir dari Independent.

Sampai saat ini, jawaban apakah masih ada kehidupan setelah kematian masih menjadi misteri.

“Di waktu yang sama kami juga mempelajari otak manusia dan kesadarannya dalam konteks kematian, hal itu untuk memahami apakah kesadaran manusia musnah atau terus berlanjut ketika meninggal untuk beberapa waktu,” ujar dr Parnia.

Dari hasil penelitiannya sementara ini, Universitas Kedokteran New York Stony Brook berharap dapat mengembangkan pengobatan serangan jantung dan mencegah cedera otak ketika pertolongan pertama.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Kata Peneliti, Manusia Masih Sadar saat Meninggal Dunia karena Ini, http://wartakota.tribunnews.com/2018/12/04/kata-peneliti-manusia-masih-sadar-saat-meninggal-dunia-karena-ini.
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Dian Anditya Mutiara

Editor: Evan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved