Lestarikan Alam, Bahar Buasan Bebaskan Ratusan Satwa Liar di Gunung Mangkol

Anggota DPD RI dapil Babel,Bahar Buasan bersama belasan komunitas pecinta lingkungan melakukan pelepasan satwa liar berupa burung di kawasan gunung

Lestarikan Alam, Bahar Buasan Bebaskan Ratusan Satwa Liar di Gunung Mangkol
Posbelitung.co
Bahar Buasan bersama belasan komunitas peduli lingkungan melepaskan satwa liar di alam terbuka, Gunung Mangkol. 

Lestarikan Alam, Bahar Buasan Bebaskan Ratusan Satwa Liar di Gunung Mangkol

Anggota DPD RI dapil Babel,Bahar Buasan bersama belasan komunitas pecinta lingkungan melakukan pelepasan satwa liar berupa burung di kawasan gunung mangkol, Bangka Tengah.

Menurut Bahar, mengembalikan burung-burung liar tersebut harus dikembalikan ke habitatnya agar keasrian hutan terus terjaga.

Senator asal Babel itu mengatakan satwa-satwa liar yang ada di Gunung Mangkol ini memerlukan ruang untuk berkembang biak dan bertahan hidup di tanah ini.

“Sebenarnya di sini masalahnya. Pembalakan liar, pembakaran hutan dan perdagangan ilegal terhadap pohon-pohon, mengakibatkan isu banjir, tanah longsor, kekurangan air bersih meningkat saat ini,” kata Bahar Buasan, di Puncak Gunung Mangkol.

Bahar Buasan yang saat ini berada di komite II DPD RI yaitu mempunyai tanggung jawab terhadap perkebunan mengatakan, satwa liar di Mangkol ini perlu dijaga bersama-sama.

“Kalau kita tidak lestarikan dan tidak menjaga seperti ini siapa lagi yang akan melakukannya. Saya gembira, tempat pelepasan burung-burung yang tadi itu, berada di pohon-pohon yang barusan kita tanam,” ucap Bahar Buasan yang juga pegiat lingkungan hidup.

Ia menjelaskan penyebab burung–burung saat ini semakin punah karena ulah manusia yang melakukan penebangan liar, dan pembunuhan satwa liar di hutan.

“Kita mau salahkan siapa coba? Sekarang saatnya kita lestarikan hutan dan burung-burung yang kita lepaskan ini. Jangan secara kasar kita tangkap satwa liar tersebut, biarkan mereka itu berkembang biak, agar keseimbangan alam tetap terjaga” kata Bahar Buasan.

Bahar Buasan juga berterimakasih pada panitia maupun komunitas yang sudah ikut serta dalam menggerakkan program itu. Bahar juga mengatakan kekagumannya pada semangat anak muda Babel dalam upaya melestarikan lingkungan.

"Saya bangga pada semangat anak muda Babel, yang rela berjalan tiga setengah jam demi melestarikan lingkungan. Mari kita tularkan semangat positif ini pada teman-teman yang lain," ujarnya.

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved