Tak Hanya Pabrik Drone, Perusahaan Ini Sudah Mulai Berinvestasi di Kawasan Industri Suge Belitung

Selain pemilik pabrik drone PT Famindo yang berencana melakukan investasi di kawasan Industri Suge, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, PT Mitra

Tak Hanya Pabrik Drone, Perusahaan Ini Sudah Mulai Berinvestasi di Kawasan Industri Suge Belitung
Pos Belitung/Disa Aryandi
Suasana rapat pembahasan pengembangan kawasan Industri Suge, Selasa (4/12/2018) diruang rapat Bupati Belitung 

Tak Hanya Pabrik Drone, Perusahaan Ini Sudah Mulai Berinvestasi di Kawasan Industri Suge Belitung

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selain pemilik pabrik drone PT Famindo yang berencana melakukan investasi di kawasan Industri Suge, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, PT Mitra Propindo kini sudah melakukan investasi di kawasan Industri tersebut.

Perusahaan satu ini, telah membangun pabrik pengelolaan plastik untuk dijadikan seng, dan sedang tahap berjalan pabrik mesin seperti mesin mobil dan mesin motor.

Perusahaan ini juga, bakal membangun pabrik berskala besar seperti pabrik keramik, dan pabrik silika serta pabrik kabel. Untuk seluruh nilai investasi yang bakal ditanam oleh perusahaan ini di Belitung hampir Rp 1 triliun.

"Kalau yang perizinan pabrik pengelolaan plastik sudah, kalau yang lainnya sudah 50 persen dan dilakukan secara bertahap. Pembangunan pabrik sekarang sudah berjalan untuk yang pabrik mesin, dan pengelolaan plastik. Kalau yang pengelolaan plastik itu, nanti pendistribusian pertama nya bulan Februari," kata Manajemen PT Mitra Propindo Yayan kepada Posbelitung.co, Selasa (4/12/2018).

Seluruh rencana pembangunan pabrik tersebut, diluar pabrik pengelolaan plastik dan mesin, akan dimulai pada tahun 2019 mendatang untuk proses pembangunannya.

"Mudah-mudahan lancar nanti, nah kalau untuk investasi pabrik pengelolaan plastik saja itu kemarin Rp 30 miliar. Tapi nanti semua dalam satu kawasan dan berdampingan," ucapnya.

Secara keseluruhan kawasan Industri Suge ini, masuk lingkup Desa Sungai Samak, Desa Pegantungan dan Desa Bantan. Untuk mendukung rencana itu agar cepat terwujud, pemerintah sudah melakukan pembebasan lahan seluas 105 hektar di Desa Sungai Samak.

Perusahaan sendiri, kemarin sudah melakukan pembebasan lahan seluas 342,5 hektar di Desa Sungai Samak dan Desa Bantan. Kemudian ratusan hektar berstatus tanah negara di daerah tersebut bakal diperuntukan untuk Kawasan Industri Suge.

Secara keseluruhan luasan lahan untuk pengembangan kawasan ini, 1.414 hektar dan sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2001 tentang kawasan Industri Suge dan Perda RTRW tahun 2014.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved