Bapppeda Masih Lakukan Kajian Jembatan Bangka-Sumatera

Pembiayaan pembangunan jembatan yang menghubungkan dua provinsi ini hanya dimungkinkan dengan menggunakan APBN dan pihak ketiga.

Bapppeda Masih Lakukan Kajian Jembatan Bangka-Sumatera
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Bappeda Babel, Ferry Insani. 

POSBELITUNG.CO - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ferry Insani mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan kajian pembangunan jembatan Bangka-Sumatera Selatan.

Jembatan sepanjang 13,5 kilo diawali dengan kajian dampak ekonomi, sosial dan teknis. Sayangnya, Ferry belum dapat menyebutkan gambaran singkat dari kajian yang sedang dilakukan ini.

"Ini sedang kajian, saya tidak bisa bicara banyak, karena hasil kajiannya belum ada. Tapi, yang namanya pembangunan infrastruktur pasti baik. Bagaimanapun infrastruktur itu tetap berguna cuma hitungan cost," kata Ferry, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, pembiayaan pembangunan jembatan yang menghubungkan dua provinsi ini hanya dimungkinkan dengan menggunakan APBN dan pihak ketiga.

"Kalau dibiayai APBD ini enggak mungkin, pilihannya itu APBN atau pihak ketiga. kalau APBN ini dimasukkan dalam APBN Teknokratik kita jadikan Kawasan Strategis Nasional (KSN)," katanya.

Menurutnya, 2019 ini pihaknya akan memasukkan usulan pembangunan jembatan ini kepada Bappenas bertepatan dengan RPJMN Teknokratik.

"2019 kami akan usulkan dan masukan itu ke Bappenas semaksimal mungkin, kalau masuk KSN insyaallah ini ada dari pusat," ujarnya.

Disinggung soal urgensi kehadiran Jembatan ini, menurutnya konektivitas Babel dengan Pulau Sumatera lainnya akan lebih baik karena terhubung melalui jalur darat.

"Ini pasti menguntungkan, karena Palembang daerah yang berkembang, pariwisata kita bisa juga semakin mudah aksesnya. Kita bisa mengirim produk kita ke sana dan sebaliknya," katanya.

Disinggung soal dampak sosial, ia tak memungkiri hal ini akan berdampak. Namun, tergantung hasil kajian nantinya.

"Dampak sosial pasti ada, tapi yang namanya infrastruktur akan membawa kebaikan. Dari sisi keamanan ya kita rasa enggak lah, orang Indonesia ini kan baik-baik," sebutnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved