PA Pangkalpinang Catat 600 Perkara Perceraian, Para Istri Paling Mendominasi Mendaftar

Pengadilan Agama Pangkalpinang mencatat sekitar 600 perkara kasus perceraian tercatat dari januari hingga desember 2018 dengan yang paling mendominasi

PA Pangkalpinang Catat 600 Perkara Perceraian, Para Istri Paling Mendominasi Mendaftar
Bangka Pos/Yudha Palistian
Humas Pengadilan Agama Pangkalpinang, Husin. PA Pangkalpinang Catat 600 Perkara Perceraian, Para Istri Paling Mendominasi Mendaftar 

PA Pangkalpinang Catat 600 Perkara Perceraian, Para Istri Paling Mendominasi Mendaftar

POSBELITUNG.CO, BANGKA -- Pengadilan Agama (PA) Pangkalpinang mencatat sekitar 600 perkara kasus perceraian tercatat dari januari hingga desember 2018 dengan yang paling mendominasi mendaftar dari kaum istri.

Demikian disampaikan oleh Humas Pengadilan Agama Pangkalpinang,  Husin,  kepada Bangkapos di Kantor Pengadilan Agama Pangkalpinang,  Rabu (5/12/2018).

"Rata-ratanya para istri yang paling banyak mendaftar karena faktor perselisihan disebabkan ekonomi,  tidak ada tanggung jawab dari suami, hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)," ungkapnya.

Selama proses sidang perceraian,  pihaknya juga sangat menyanyangkan reaksi dari kedua belah pihak keluarga yang seolah-olah acuh tak acuh.

"Struktur budaya kita ini kan budaya timur,  penopang utama itu ketika ada masalah yakni pihak internal yaitu keluarga. Tetapi ini faktanya keluarga bukan jadi penengah," tegasnya.

Ia menambahkan,  kota pangkalpinang layaknya sudah seperti kota metropolitan banyak perkara perceraian yang tercatat bahkan dibulan november 2018 saja sekitar 40 perkara terdaftar.

Selain itu,  ditahun sebelumnya jumlah perkara yang masuk dengan kasus perceraian masih mendominasi dengan angka paling tinggi.

"Pengadilan agama hanya memproses dan menyidangkan sesuai permintaan mereka saja,  tentunya harus melewati beberapa proses seperti mediasi dan sebagainya," tutupnya. 

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved