Sumatera-Bangka Terhubung, Polda Siap Antisipasi Peningkatan Kriminalitas

Jajaran Polda Babel siap berkooridnasi dengan pihak terkait termasuk dengan Polda Sumatera Selatan terkait rencana dihubungkanya Sumatera dan Babel

Sumatera-Bangka Terhubung, Polda Siap Antisipasi Peningkatan Kriminalitas
Bangka Pos/ Teddy Malaka
Jembatan Emas 

POSBELITUNG.CO--Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono Rabu (5/12/1/2018) mengatakan rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Sumatera-Bangka pihaknya akan melakukan pengamanan secara maksimal.

Jajarannya siap melakukan koordinasi terkait pengamanan jika Pulau Sumatera dan Bangka terhubung oleh jembatan.
Salah satunya berkoordinasi soal pengamanan dan menjaga keamanan sebagai bentuk antisipasi terkait peningkatan kriminalitas yang dapat terjadi.

Koordinasi tak hanya dilakukan dengan instansi terkait di wilayah hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung, namun juga dengan aparat kepolisian di Polda Sumatera Selatan.

Bahkan Brigjen Pol Istiono berharap koordinasi dapat dilakukan jauh jauh hari sebelum jembatan rampung.

"Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung siap berkooridnasi dengan pihak terkait termasuk dengan Polda Sumatera Selatan terkait rencana dihubungkanya Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka dengan dibangunnya jembatan," kata Brigjen Pol Istiono.

Brigjen Pol Istiono tidak menyangkal jika nanti Pulau Sumatera dan Bangka terhubung dengan jembatan maka bisa berdampak meningkatnya angka kriminalitas di Pulau Bangka.

Apalagi sebagian pelaku kriminalitas yang terjadi diwilayah hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung selama ini berasal dari pulau Sumatera termasuk peredaran narkoba.

Mudahnya akses masuk dan keluar Bangka memang berdampak positif dengan menggeliatnya perekonomian. Namun tidak dapat dipungkiri juga akan berdampak negatif dengan meningkatga kriminalitas yang harus diantisipasi.

"Perlu diantisipasi sejak dini kemungkinan meningkatknya kriminalitas di Bangka Belitung a dari dampak dibangunnya jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Bangka," kata Brigjen Pol Istiono.

Ditambahkannya secara teknis nantinya bisa saja dibangun pos polisi di kawasan jembatan tersebut.
Baik pos polisi yang dibangun di sisi jembatan di sisi wilayah hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung maupun wilayah hukum Polda Sumatera Selatan.

Ini dilakukan agar kegiatan pengamanan di kawasan jembatan terlaksana secara maksimal.

"Intinya kita akan melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat memaksimalkan kinerja kepolisian dalam pengamanan terkait mulai beroperasinya jembatan," ujar Brigjen Pol Istiono. (Bangkapos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved