Bahar Buasan Upayakan Fasilitas Pendidikan dan Kesejahteraan Guru Desa Merata

Bahar Buasan, selaku Anggota DPD RI Dapil Babel melihat langsung kondisi guru di daerah terpencil Babel ketika sedang melakukan kunjungan di beberapa

Bahar Buasan Upayakan Fasilitas Pendidikan dan Kesejahteraan Guru Desa Merata
Posbelitung.co
Bahar Buasan menyerap aspirasi guru di daerah Pulau Besar, Bangka Selatan 

Bahar Buasan Upayakan Fasilitas Pendidikan dan Kesejahteraan Guru Desa Merata

Bahar Buasan, selaku Anggota DPD RI Dapil Babel melihat langsung kondisi guru di daerah terpencil Babel ketika sedang melakukan kunjungan di beberapa daerah dalam rangka menyerap aspirasi warga Provinsi Babel.

Dari sana, Bahar Buasan menekankan pentingnya perhatian khusus terhadap pemerataan fasilitas pendidikan dan kesejahteraan guru di sekolah - sekolah yang berada di pedalaman.

Hal tersebut (pemerataan fasilitas pendidikan) juga merupakan usulan dari guru di daerah terpencil yang ditemui Bahar Buasan.

"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, kiranya kita perlu memperhatikan pemerataan fasilitas pendidikan serta peningkatan kesejahteraan bagi guru-guru di pedalaman," kata Bahar Buasan setelah bersilaturrahmi dengan guru di Pulau Besar, Bangka Selatan, beberapa hari yang lalu.

"Bagi guru yang mengajar di pedalaman, perlu perhatian dari pemerintah soal peningkatan tunjangan transportasi dan tempat tinggal. Mengingat sulitnya akses untuk mengajar," tambahnya.

Bahar Buasan mengatakan, DPRD Provinsi Babel perlu membahas rencana tersebut bersama pemerintah, namun hal tersebut belum cukup. Perlu adanya pembahasan dengan skala yang lebih tinggi lagi, yaitu antara pemerintah pusat dan DPD RI.

"Kami terus berjuang melalui DPD RI untuk meningkatkan kesejahteraan guru untuk menghadapi persaingan global yang kian ketat. Oleh karena itu, kami tak mau usulan kesejahteraan guru dan pemerataan fasilitas pendidikan hanya di ranah provinsi, melainkan juga diusulkan di DPR RI dan pemerintah pusat," ungkapnya.

Ia menambahkan, usaha-usaha yang dilakukannya sebagai bentuk persiapan menghadapi persaingan global yang kian ketat. Sebagai Anggota DPD RI, Bahar Buasan juga berusaha keras untuk memadukan antara pemerataan fasilitas pendidikan dengan kesejahteraan guru demi tercapainya pendidikan yang berkualitas.

"Untuk menghadapi persaingan global, harus dipersiapkan sebaik mungkin. Semuanya tidak bisa instan. Dengan perpaduan antara perbaikan kesejahteraan guru dan pemerataan fasilitas pendidikan akan menghasilkan pendidikan yang berkualitas," tutur senator asal Babel tersebut.

Dengan upayanya, Bahar berharap akan menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan terdidik. Meski, semuanya membutuhkan proses yang tidak mudah.

"Kita tahu menuju kesana itu (pemerataan fasilitas pendidikan) tidak mudah, namun saya yakin, kalau kita berfikir jangka panjang kedepan, dan terus kita perjuangkan, mudah-mudahan solusi akan terwujud untuk mengatasi kendala guru-guru di daerah," tutup Bahar.

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved