Berwisata ke Belitung, Homestay Salah Satu Pilihan Penginapan

Homestay Desa wisata yang ada di Kabupaten Belitung, mayoritas dikelola oleh masyarakat. Homestay tersebut memanfaatkan kamar tidur dirumah masyarakat

Berwisata ke Belitung, Homestay Salah Satu Pilihan Penginapan
posbelitung.co/ist
Piagam diterima Suryana, pengelola Homestay Belitung Pak Ma’i bersama Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto di gedung Kementerian Pariwisata, Rabu (5/12) 

Berwisata ke Belitung, Homestay Salah Satu Pilihan Penginapan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Homestay Desa wisata yang ada di Kabupaten Belitung, mayoritas dikelola oleh masyarakat.

Homestay tersebut memanfaatkan kamar tidur dirumah masyarakat dan satu atap dengan tempat tinggal pemilik homestay tersebut.

Umumnya, satu Homestay di Kabupaten Belitung tersebut memiliki satu hingga dua kamar tidur. Khusus untuk di Negeri Laskar Pelangi mayoritas terletak di Desa Keciput, Tanjung Binga, dan Tanjung Tinggi. Tiga Desa itu, sangat dekat sekali dengan pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi.

"Ya umum nya satu sampai dua kamar saja dalam satu rumah. Tapi bukan membuat rumah baru, rumah warga yang dimanfaatkan untuk Homestay," kata Kasi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Belitung Natasia kepada Posbelitung.co, Kamis (6/12/2018).

Hingga tahun 2018 (sampai bulan Juli 2018), Homestay tersebut sudah berjumlah 110 unit yang tersebar di 13 Desa wisata. Angka itu mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017 berjumlah 104 unit.

"Homestay-homestay ini, termasuk dalam usaha mikro kecil, sehingga perizinan mereka hanya IUMK (izin usaha mikro dan kecil). Jadi dari tahun 2017 hingga 2018 ini, mengalami kenaikan enam unit," pungkasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved