Ternyata Behel di Belakang Motor Berfungsi Bukan Buat Pegangan Saat Boncengan

Mungkin banyak dari kita pemakai kendaraan roda dua, mengira bahwa behel yang berada di belakang jok motor berfungsi sebagai pegangan

Ternyata Behel di Belakang Motor Berfungsi Bukan Buat Pegangan Saat Boncengan
Gridoto
Ini Dia Fungsi Behel Motor. Ternyata Behel di Belakang Motor Berfungsi Bukan Buat Pegangan Saat Boncengan 

Ternyata Behel di Belakang Motor Berfungsi Bukan Buat Pegangan Saat Boncengan

POSBELITUNG.CO - Mungkin banyak dari kita pemakai kendaraan roda dua, mengira bahwa behel yang berada di belakang jok motor berfungsi sebagai pegangan.

Ternyata dugaan itu keliru , Usut punya usut, ternyata behel tersebut sebenarnya bukan dirancang buat pegangan, lho, sob.

Dilansir dari Gridoto.com, hal tersebut diungkapkan oleh Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) beberapa waktu lalu.

“Posisi duduk yang benar buat pembonceng motor itu dengan menghadap ke depan, posisi tangan santai berada di paha. Boleh memegang pinggang pengendara, tapi jangan memegang behel di belakang,” terangnya.

Menurutnya posisi pembonceng yang memegang behel motor itu salah, sebab gerak manuver motor jadi nggak seimbang.

Hal tersebut bikin posisi pembonceng kurang menyatu dengan pengendara dan tunggangan.

Ternyata behel pada motor berfungsi membantu pengendara biar lebih gampang geser motor saat di parkiran. Bukan buat pegangan saat boncengan.

"Mungkin kalau baru naik masih oke, tapi kalau sudah jalan, apalagi ngebut lebih baik tangan berada di paha," imbuh Sony.

Makanya beberapa motor produksi saat ini ada yang nggak dikasih behel, misalnya saja Yamaha Vixion atau Aerox.

Tugas behel digantikan sebuah coakan di bodi, berguna untuk mempermudah saat menggeser-geser motor, terutama saat lagi parkiran.

“Fungsi behel memang untuk itu, bukan untuk pegangan saat berkendara. Makanya banyak motor baru yang sudah tidak pakai behel belakang,” tutup Sony.

Editor: Evan
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved