Bahar Buasan: Pengembangan Pariwisata Berdampak Positif untuk Kemajuan Daerah

Anggota DPD RI dapil Babel,Bahar Buasan mengatakan, pembangunan destinasi pariwisata di Babel dapat mendorong pembangunan daerah

Bahar Buasan: Pengembangan Pariwisata Berdampak Positif untuk Kemajuan Daerah
posbelitung
Bahar Buasan sedang meninjau pantai rebo sebagai destinasi wisata aktivitas nelayan 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan mengatakan, pembangunan destinasi pariwisata di Babel dapat mendorong pembangunan daerah. Sebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat seiring perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

“Membangun destinasi pariwisata di daerah sama artinya dengan mendorong pembangunan daerah," ujar Bahar Buasan, Jum'at (7/12/2018).

Senator asal Babel meminta pembangunan tetap mempertahankan kebudayaan dan masyarakat setempat. Bahar tak ingin identitas warga hilang tergerus karena pembangunan.

"Modal dasar pariwisata itu alam dan budaya. Hak masyarakat di sekitar lokasi wisata juga perlu dipertahankan begitu juga ekosistem. Untuk itu partisipasi masyarakat dalam pembangunan destinasi sangat diperlukan," ucap Bahar Buasan.

Pemerintah pun perlu membenahi sistem pendidikan setempat guna mendukung sumber daya manusia industri wisata. Seperti pendidikan pariwisata, sekolah vokasi untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Dari pendidikan pariwisata dapat menghasilkan research dan inovasi sehingga bisa langsung memberikan manfaat untuk dunia pariwisata," ucapnya.

Dalam pembangunan pariwisata salah satu komponen penting lainnya menurut Bahar adalah branding, untuk memperkuat label pasar dan mengembangkan citra dari destinasi tersebut.

"10 destinasi pariwisata pengganti Bali yang disepakati pemerintah pusat salah satunya adalah Bangka Belitung. Karena itu perlu pengembangan destinasi pariwisata secara profesional salah satunya penguatan branding," pungkasnya.

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved