Soal TI Ilegal, Sanem Minta Pemprov Babel Turun Tangan: 'Ujung-ujungnya Kami yang Bertindak'

Nah kalau sudah seperti ini siapa yang bertanggung jawab. Mau tidak mau, akhirnya pemerintah kabupaten juga yang turun tangan.

Soal TI Ilegal, Sanem Minta Pemprov Babel Turun Tangan: 'Ujung-ujungnya Kami yang Bertindak'
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Kamis (6/12) ketika melakukan penertiban tambang timah diduga ilegal di Desa Bantan, Kecamatan Membalong. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meminta kepada Gubernur Provinsi Bangka Belitung  tidak membiarkan aktivitas penambangan timah diduga ilegal di kawasan hutan. Sebab, tambang dan kehutanan kini sudah beralih kebijakan menjadi milik Provinsi.

"Nah kalau sudah seperti ini siapa yang bertanggung jawab. Mau tidak mau, akhirnya pemerintah kabupaten juga yang turun tangan. Masyarakat mengadu ke kami taunya," kata Sanem kepada Posbelitung.co, Jumat (7/12/2018).

Apabila Pemerintah Provinsi tidak sanggup dalam mengatasi permasalahan tambang ini, kata Sanem, segera kewenangan tersebut kembali di alihkan kepada Kepala Daerah.

"Ya istilahnya kata orang Belitong, ujung - ujung nya kami juga yang bertindak. Padahal ini jelas kewenangan dan pengawasannya milik provinsi," ucapnya.

Sanem tidak menginginkan, pemerintah provinsi hanya mengatur soal perizinan saja. Namun pengawasan di lapangan secara menyeluruh tidak diindahkan, lantaran ini berkaitan erat dengan ekosistem dan mata pencaharian nelayan.

"Effectnya kami selama ini, karena merasa sudah menjadi kewenangan provinsi ya seperti ini. Kami bukan berarti membiarkan, tapi fakta di lapangan ya seperti ini adanya," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved