Bahar Buasan Dorong Generasi Muda Cintai Budaya Lokal

Bahar Buasan terus mendorong generasi muda untuk mencintai budaya. Salah satunya dengan mendukung pagelaran kegiatan kebudayaan di Babel

Bahar Buasan Dorong Generasi Muda Cintai Budaya Lokal
Posbelitung.co
Bahar Buasan mengikuti kegiatan budaya lokal di sungailiat bersama ratusan warga 

POSBELITUNG.CO--Anggota DPD RI dapil Babel, Bahar Buasan terus mendorong generasi muda untuk mencintai budaya. Salah satunya dengan mendukung pagelaran kegiatan kebudayaan di daerah Bangka Belitung.

"Ini perlu kita lakukan untuk tetap menjaga semangat anak muda kita dalam mencintai budaya asalnya," kata Bahar Buasan, Bangka Tengah, Minggu (16/12/2018).

Selain itu, dengan adanya gelaran budaya bisa menjadi momentum mengenalkan dan melestarikan budaya lokal. Sehingga adat Babel tetap lestari.

"Banyak cara yang bisa dilakukan generasi muda dalam melestarikan budaya, sperti ikut dalam pelaksanaan pagelaran budaya, menumbuhkan semangat, mengembangkan kemampuan dengan pelatihan budaya, serta meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab hak dan kewajiban masyarakat sekitarnya dalam pengelolaan kegiatan budaya," ujarnya.

Bahar Buasan juga mengatakan menumbuhkan kesadaran generasi penerus bangsa untuk mencintai budaya juga harus berangkat dari hulunya, yakni pendidikan. Mengembangkan pendidikan berbasis budaya di Babel merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Menumbuhkan semangat mencintai budaya lokal bagi generasi muda bukan perkara mudah. Terlebih derasnya arus pengaruh budaya dari luar. Semua pihak harus saling bekerjasama, salah satunya melalui pendidikan," kata Bahar.

Budaya dan adat tetap harus lebih dikembangkan pada era revolusi industri 4.0 ini. Hal ini untuk menguatkan karakter identitas diri bangsa Indonesia. Seperti pengenalan seni-seni tradisi serta kebiasaan yang mencerminkan budaya Indonesia.

"Coba asah kemampuan anak kita, sampai mana pengetahuannya tentang seni-seni tradisi di Babel ini. Hal ini penting, sebab jika generasi kita cinta sama budayanya maka Ia akan cinta juga Indonesia," pungkasnya.

Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved