ADVERTORIAL

Pabrik Plastik Bakal Operasi Januari 2019, Bupati Belitung Tinjau Persiapan PT Mitra Propindo

BUPATI Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau PT Mitra Propindo yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau

Pabrik Plastik Bakal Operasi Januari 2019, Bupati Belitung Tinjau Persiapan PT Mitra Propindo - pabrik-plastik.jpg
Posbelitung.co/Disa Aryandi
TINJAU PABRIK PLASTIK - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau pabrik plastik yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Senin (17/12).
Pabrik Plastik Bakal Operasi Januari 2019, Bupati Belitung Tinjau Persiapan PT Mitra Propindo - pabrik-plastik1.jpg
Posbelitung.co/Disa Aryandi
TINJAU PABRIK PLASTIK - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau pabrik plastik yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Senin (17/12).

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - BUPATI Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau PT Mitra Propindo yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Senin (17/12).

Sanem melihat persiapan perusahaan yang bergerak di produksi plastik menjelang pengoperasiannya pada Januari 2019 mendatang.

"Jadi nanti Januari tahun 2019 akan mulai operasional, hari ini (kemarin-red) saya hanya meninjau kesiapan saja. Jadi di tahun depan ini kami betul-betul sudah fokus untuk mengembangkan kawasan industri ini. Soalnya KEK Pariwsata Tanjung Kelayang sudah memiliki brand sendiri," kata Sanem di sela peninjauan, Senin (17/12).

Berbagai peralatan termasuk mesin-mesin pengolah produk plastik bekas sudah siap di pabrik tersebut.

Menurut penilaian Sanem, persiapan pengoperasionalan pabrik sudah siap 80 persen.

"Jadi tinggal jalan saja nanti di Januari 2019 melakukan peresmian, habis itu tinggal operasional. Nah inilah bagaimana sebetulnya solusi nanti, mengelola sampah plastik di Belitung ini. Perlu diketahui pabrik ini juga ramah lingkungan," kata Sanem.

TINJAU PABRIK PLASTIK - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau pabrik plastik yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Senin (17/12).
TINJAU PABRIK PLASTIK - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) meninjau pabrik plastik yang beroperasi di Kawasan Industri Suge, Senin (17/12). (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Kata Sanem, awalnya Pemkab Belitung berencana membuat pancangan peraturan daerah (Raperda) Belitung bersih dari sampah plastik.

Raperda ini atas usulan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, terkait bungkusan belanjaan tidak diperbolehkan menggunakan bungkusan plastik.

"Solusi yang paling tepat ini, karena sampah plastik dan tidak terbuang sia-sia, malah menjadi nilai ekonomis. Efeknya yang timbul dari adanya pengelolaan pabrik plastik ini, ke depan plastik akan jadi rebutan dan tidak terlihat lagi sampah-sampah plastik di pinggir pantai. Semua sudah diolah di pabrik itu," kata Sanem.

Dikatakannya, sampah plastik ini juga tidak lagi menjadi sebuah permasalahan di sektor pariwisata dan pemerintah daerah.

Sebab sampah plastik sudah memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

"Ini yang selama ini kami pikirkan, agar bisa diolah sampah plastik ini, bukan dibuang sembarangan. Tentunya nanti diolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi," katanya.

Selain itu bukan hanya sampah plastik saja yang akan dilakukan pengolahan menjadi komoditas. Sampah rumah tangga ke depan sudah dipersiapkan dilakukan pengolahan menjadi kompos.

"Itu nanti dikelola di TPA (Tempat Pembuangan Akhir-red) Gunung Sadai. Nanti akan dijadikan nilai ekonomis juga dan akan membantu petani," katanya. (adv/tas)

Editor: edy yusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved