Video : KPK RI Sosialisasi Pencegahan Gratifikasi di Kabupaten Belitung

Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) kemarin melakukan sosialisasi tentang gratifikasi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) kemarin melakukan sosialisasi tentang gratifikasi diruang sidang sekretariat daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Sosialisasi tersebut dinilai oleh orang nomor satu di Kabupaten Belitung itu, untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi gratifikasi, maupun korupsi. Disitu pemerintah mendapat penjelasan tentang detail kategori gratifikasi, agar tidak salah persepsi.

"Jadi perlu diketahui kriteria - kriteria gratifikasi itu, jangan sampai nanti salah di artikan. Tapi terus terang saja, alhamdulillah untuk mencegah itu kami sudah sekapat agar ada pembinaan dari KPK," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Pos Belitung, kamis (20/12/2018).

Langkah yang sudah dilakukan, lanjut Sanem, dengan melakukan pembayaran apapun dilingkungan pemerintah melalui non tunai. Apabila melalui tunai, maka celah untuk melakukan gratifikasi atau korupsi sangat dekat.

"Karena kalau sudah melihat uang pasti mata nya sudah 'hijau'. Nah Belitung saat ini sudah menjadi project pilot untuk sistem pembinaan dari KPK, jadi setiap transaksi semuanya di kawal KPK. Inilah langka kami untuk melakukan pencegahan dalam gratifikasi itu," bebernya.

Kata Sanem, ia tetap akan melakukan pencegahan gratifikasi dan korupsi itu secara maksimal. Cara ini, mengingat Belitung merupakan daerah pariwisata. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved