Video : Dirjen Dukcapil Intip Perekaman KTP -EL di Desa Badau

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh

Video : Dirjen Dukcapil Intip Perekaman KTP -EL di Desa Badau

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh, Kamis (27/12/2018) melakukan kunjungan ke Kantor Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Perekaman KTP-EL ini, dilakukan secara serentak lingkup nasional. Terdapat 514 Kabupaten/Kota melakukan perekaman secara serentak itu dan perekaman ini di arahkan kepada pemilih pemula, agar di usia 17 tahun remaja sudah memiliki KTP-EL. Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, kemarin menjadi salah satu lokasi pemantauan Dirjen yang menggunakan baju kaos kerah putih ini.

"Ini dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat, agar lebih mudah dan lebih cepat. Ini dilakukan serentak secara nasional, dan hari ini (kemarin) saya kunjungan kesini (Desa Badau). Alhamdulillah lancar dan dilakukan oleh petugas dengan baik," kata Zudan kepada Posbelitung.co, Kamis (27/12/2018).

Pelayan jemput bola itu, masyarakat yang mengajukan untuk melakukan perekeman KTP-EL, hanya cukup datang ke satu titik. Ini tentunya memberikan kemudahan kepada masyarakat, agar tidak jauh mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Tentu nya juga untuk memberikan pelayan yang cepat, dan ditujukan kepada pemilih pemula. Tujuan nya kepada remaja berusia 17 tahun, agar pada bulan April 2019 nanti mereka bisa melaksanakan hak pilihnya. Jadi pada saat menentukan hak pilihnya mereka sudah bisa memiliki KTP," ujarnya.

Lingkup nasional, perekaman KTP-EL yang sangat sedikit dilakukan adalah di wilayah Indonesia Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku dan Maluku Utara. Tingkat perekaman nya, masih berada dibawah 80 persen. Namun Pemerintah Pusat tentu akan mendorong perekaman KTP-EL, agar mencapai target yang sudah ditentukan.

"Upaya khusus yang kami lakukan nanti disana (Indonesia Timur), jemput bola juga. Namun disitu kami akan lakukan gotong royong, kami akan siapkan petugas - petugas dari seluruh provinsi di Indonesia untuk turun ke Indonesia Timur, mulai dari Januari 2019, agar bisa mencapai target," bebernya.

Kedatangan Dirjen Dukcapil Kemendagri itu kemarin, secara langsung melihat perekemanan KTP-EL. Zudan didampingi oleh Plt Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung Mustopa, selama melakukan peninjauan perekaman KTP-EL yang berlangsung dihalaman kantor Desa Badau tersebut.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved