5 Penemuan Bersejarah di Dunia ini Ternyata Hanya Hoax

kita cuma bisa gigit jari karena cerita penemuan yang digembar-gemborkan di awal ternyata cuma hasil karangan

5 Penemuan Bersejarah di Dunia ini Ternyata Hanya Hoax
Intisari
Ilustrasi berita hoax 

POSBELITUNG.CO--Penemuan barang-barang peninggalan dari zaman dulu selalu berhasil bikin kita di zaman sekarang excited karena nilai sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Tapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, kita cuma bisa gigit jari karena cerita penemuan yang digembar-gemborkan di awal ternyata cuma hasil karangan orang enggak bertanggung jawab.

Contohnya kayak 5 penemuan benda bersejarah yang menghebohkan dunia dan ternyata cuma hoax ini.

Bak Mandi Pertama

Bathtub pertama di dunia
ThingLink
Bathtub pertama di dunia

Desember 1917, sebuah artikel berjudul "A Neglected Anniversary" diterbitkan di harian New York Evening Mail, berisi cerita sejarah bathtub yang pertama kali diciptakan tahun 1842 di Cincinnati dan terbuat dari kayu mahagoni.

Penemuan ini sempat ditentang sampai akhirnya Presiden Millard Fillmore memasang bathtub di White House delapan tahun setelahnya, membuat penemuan ini bisa diterima secara luas.

Penulis artikel, jurnalis senior H. L. Mencken, mengakui kalau artikel itu adalah hoax, karena dia pengin menekankan betapa polosnya publik yang mudah dibohongi.

Sayangnya meski udah berulang kali mengakuinya, publik tetap menganggap cerita ini sebagai kebenaran, bahkan sampai sekarang.

Mahkota Saitapharnes

Mahkota Saitapharnes
Cewekbanget
Mahkota Saitapharnes

Pada tahun 1896, Museum Louvre di Paris mengumumkan kalau mereka baru aja membeli mahkota emas peninggalan Raja Saitapharnes dari Scythian yang hidup pada abad 3 SM.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved