Wisata Bangka

Wisata Air Terjun Rembang Bulay Kabupaten Bangka Menyimpan Pesona Alami Jernihnya Air dan Bebatuan

ir terjun yang diberi nama Rembang Bulay ini terletak di kaki bukit yang hijau, dihiasi rindangnya pepohonan dan alam yang sejuk.

Wisata Air Terjun Rembang Bulay Kabupaten Bangka Menyimpan Pesona Alami Jernihnya Air dan Bebatuan
(ist/kades bukit layang)
Air Terjun Rembang Bulay Desa Bukit Layang. 

POSBELITUNG.CO--Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka menyimpan potensi air terjun yang sangat indah. Air terjun yang diberi nama Rembang Bulay ini terletak di kaki bukit yang hijau, dihiasi rindangnya pepohonan dan alam yang sejuk.

Jika ingin mengunjungi Air Terjun Rembang Bulay ini berlokasi enam kilometer dari kantor desa yang letak di Dusun 2 Bukit Layang. Walaupun posisi air terjun ini tidak tinggi tetapi sangat indah dengan undakan-undakan bebatuan yang bertingkat-tingkat.

wisata air terjun
wisata air terjun Rembang Bulay (ist/kades bukit layang)

Saat musim hujan Air Terjun Rembang Bulay banyak dikunjungi masyarakat sekitar karena debit air yang mengalir dari atas bukit cukup besar ketika musim hujan.

//

Air Terjun Rembang Bulay memiliki beberapa titik potensi sebagai spot selfie yang menarik, sehingga para pengunjung dapat menikmati suasana alam yang masih alami. Air terjun yang dingin dan bening ini memberi kesegaran bagi para pengunjung untuk mandi dan menikmati keindahan alam.

Untuk mengembangkan wisata Air Terjun Rembang Bulay, Kepala Desa Bukit Layang, Andry, pada tahun 2018 sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).
Air terjun ini akan menjadi unit usaha yang akan dikembangkan oleh pemerintah desa.

"Kami ingin menjadikan Air Terjun Rembang Bulay ini menjadi destinasi wisata baru sehingga dibentuk pokdarwis untuk mengelolanya agar bisa lebih dikenal masyarakat," ungkap Andry kepada bangkapos.com, Selasa (1/1/2019).

Air terjun
Panorama di sekitar kawasan air terjun Rembang Bulay  (ist/kades bukit layang)

Dia berharap, agar keberadaan potensi wisata Air terjun Rembang Bulay mendapat perhatian pemerintah daerah. Pasalnya dana APBdes Bukit Layang terbatas untuk mengembangkan potensi wisata tersebut, karena masih banyak program skala prioritas yang harus dilaksanakan di Desa Bukit Layang.

Selain itu juga terkendala kondisi jalan yang sempit dan terjal membuat potensi Air terjun belum tergali potensinya.

"Akses jalan menuju air terjun belum adanya pengelolaan serta belum ada perhatian pemerintah daerah tetapi keunggulannya, mempunyai beberapa spot menarik, suasana air terjun yang masih alami," ungkap Andry.

Dia berharap Pemkab Bangka dibawah pimpinan Bupati Bangka Mulkan dan Wakil Bupati Syahbudin bisa meninjau Air Terjun Rembang Bulay dan mendapat perhatian dari Pemkab Bangka untuk membangun akses jalan menuju tempat wisata alam tersebut. (Bangkapos/Nurhayati)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved