Kemenhub Berikan Dana Rp 1,1 Triliun untuk PT KAI

Kemenhub memberikan dana Rp 1,1 triliun kepada PT KAI (Persero) untuk perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian

Kemenhub Berikan Dana Rp 1,1 Triliun untuk PT KAI
Istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi menandatangani kontrak IMO 2019, Jumat (4/1/2019). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan dana Rp 1,1 triliun kepada PT KAI (Persero) untuk perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian milik negara (IMO) di 2019.

Pemberian dana itu ditandai dengan penandatangan kontrak IMO oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Peningkatan, Perawatan dan Fasilitas Perawatan Prasarana Perkeretaapian, Taufiq Hidayat dengan Direktur Keuangan PT KAI (Persero) Muhammad Nurul Fadhila. 

"Untuk tahun 2019 nilai kontrak IMO sebesar Rp 1.108.959.355.970 yang pembiayaannya bersumber dari APBN," ujar Taufik Hidayat di Gedung Kemenhub, Jumat (4/1/2019).

Dana tersebut turun dibandingkan kontrak IMO di 2018 sebesar Rp 1,3 triliun. 

"Penandatanganan kontrak IMO pada tahun 2019 ini merupakan yang kelima kalinya, sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015 lalu. Kontrak IMO ini berlaku dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2019," jelasnya.

Adapun ruang lingkup pekerjaan Perawatan dan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian Milik Negara (IMO) di meliputi perbaikan untuk mengembalikan fungsi prasarana agar laik operasi dan Pengoperasian Prasarana Kereta Api. 

Perawatan tersebut terdiri dari : Perawatan Jalur Kereta Api, Perawatan Jembatan, Perawatan Stasiun Kereta Api, Dan Perawatan Fasilitas Operasi Kereta Api. Sedangkan pekerjaan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian meliputi Pengaturan Dan Pengendalian Perjalanan Kereta Api, Pengoperasian Persinyalan, Telekomunikasi dan Instalasi Listrik Aliran Atas.

Kemudian Pengaturan Langsiran, Pemeriksaan dan Penjagaan Jalan Rel, Jembatan, Terowongan dan pintu perlintasan resmi dijaga, Pelumasan wesel dan pintu perlintasan, dan Pekerjaan K3 (Kebersihan, Keindahan, Keamanan).

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenhub Pangkas Dana Perawatan dan Pengoperasian Kereta Api Rp 200 Miliar

Editor: rusaidah
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved