Apindo Minta Pemerintah Pembahasan IEU-CEPA dan RCEP Diselesaikan

Pengusaha meminta penyelesaian Perjanjian IEU-CEPA dan Perjanjian Kerjasama Ekonomi Komperhensif Regional (RCEP) selesai tahun 2019

Apindo Minta Pemerintah Pembahasan IEU-CEPA dan RCEP Diselesaikan
KONTAN.co.id
ILUSTRASI. Shinta Widjaja Kamdani CEO Sintesa Group 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pengusaha meminta penyelesaian Perjanjian Kerjasama Ekonomi Komperhensif Indonesia Uni Eropa (IEU-CEPA) dan Perjanjian Kerjasama Ekonomi Komperhensif Regional (RCEP) selesai tahun 2019.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, kedua perjanjian tersebut penting bagi ekspor Indonesia. Pasalnya kedua perjanjian tersebut memberikan akses pasar yang besar.

"Tahun ini yang penting adalah penyelesaian IEU-CEPA dan RCEP," ujar Shinta saat dihubungi kontan.co.id, Minggu (6/1/2019).

IEU-CEPA akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Meningkatnya daya saing akibat perjanjian akan meningkatkan ekspor ke kawasan dengan populasi sebesar 516 juta jiwa. Selain IEU-CEPA, RCEP juga akan memberikan akses pasar yang besar bagi Indonesia. RCEP akan memberikan akses pasar di negara Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan enam negara mitra yaitu China, India, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Selain CEPA, kerjasama dalam skema Preferential Trade Agreement (PTA) juga dinilai sangat membantu. PTA cenderung lebih mudah diselesaikan sehungga dapat segera dimanfaatkan untuk membuka pasar baru.

"Semua sangat menguntungkan untuk dapat mendobrak ekspor karena produk kita jadi lebih kompetitif," terang Shinta.

Rencananya Indonesia akan menyelesaikan fua perjanjian PTA dengan Mozambik dan Tunisia serta memulai perundingan dengan Bangladesh dan Srilanka. Negara tersebut merupakan pasar baru sehingga menambah akses.

Sebelumnya Indonesia telah menyelesaikan dua perundingan CEPA pada tahun 2018. Dua perundingan yang selesai adalah Indonesia Australia (IA) CEPA dan Indonesia - Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA) CEPA.

Berita Ini telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Apindo desak pemerintah segera selesaikan pembahasan IEU-CEPA dan RCEP

Editor: rusaidah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved