Kementerian ESDM Resmikan Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi

Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE meresmikan program pemasangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di Kabupaten Seluma, Bengkulu

Kementerian ESDM Resmikan Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi
KONTAN.co.id
ILUSTRASI. Lampu bertenaga surya. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) meresmikan program pemasangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Minggu (6/1/2019).

Ada 249 unit LTSHE yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Seluma. Dari total itu, sebanyak 147 unit diberikan pada masyarakat Desa Suban, 19 unit pada masyarakat di Desa Maras Jauh, Kecamatan Semidane, dan 83 unit LTSHE dibagikan kepada mayarakat Desa Sinar Pagi, Kecamatan Seluma Utara.

Peresmian ini dilakukan secara simbolis oleh Inspektur I Kementerian ESDM, M. Halim Sari Wardana kepada perwakilan masyarakat Desa Sinar Pagi pada Minggu (6/1/2019).Peresmian ini digelar di Desa Puguk, Kecamatan Seluma Utara yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Desa Sinar Pagi. 

"Kami bersyukur tujuan kami tersampaikan, lampu ini nantinya bisa bertahan 3 tahun hingga 5 tahun," ujar Inspektur I Kementerian ESDM, M. Halim Sari Wardana.

Dengan adanya program pemasangan LTSHE, Halim berharap lampu ini bermanfaat sebagai penerangan mayarakat untuk kegiatan mereka, salah satunya untuk penerangan belajar bagi anak-anak sebelum adanya akses listrik permanen dari PLN.

Sebagai informasi, LTSHE merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi penerangan dan energi listrik difokuskan bagi perdesaan yang terisolir dan sulit dijangkau jaringan PLN. Komponen terpenting dari LTSHE ini adalah panel surya yang merupakan komponen eletronika yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. 

Berita Ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul : Tiga desa di Kabupaten Seluma terima 249 unit LTSHE

Editor: rusaidah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved