Ketahuan Gunakan Ijazah Palsu Saat Pemberkasan, Kelulusan Bisa Dibatalkan

Petugas BKPSDM Kabupaten Belitung terus melakukan verifikasi terhadap dokumen 265 CPNS yang sudah dinyatakan lulus.

Ketahuan Gunakan Ijazah Palsu Saat Pemberkasan, Kelulusan Bisa Dibatalkan
pos belitung
Sejumlah CPNS yang lulus seleksi mengurus pemberkasan CPNS di kantor BKPSDM Kabupaten Belitung, Kamis (10/1). Pada saat pemberkasan, bila ketahuan gunakan dokumen palsu bakal di batalkan kelulusannya. 

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus pada seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 bakal langsung dibatalkan kelulusannya oleh panitia seleksi daerah bila ketahuan menggunakan ijazah atau dokumen palsu saat pemberkasan.

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan tersebut, petugas Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung melakukan verifikasi berkas CPNS secara detail. Dokumen yang diverivikasi terutama Ijazah, KTP dan dokumen pendukung lainnya.

"Apabila ketahuan menggunakan ijazah palsu langsung kami batalkan. Termasuk dokumen lain juga, kalau ada yang palsu, bisa dibatalkan. Termasuk yang sampai hari terakhir tidak menyerahkan berkas, maka dianggap batal," kata Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung, Ita Wahyuni kepada Pos Belitung, Kamis (10/1).

Menurut Ita, petugas BKPSDM Kabupaten Belitung hingga saat ini terus melakukan verifikasi terhadap dokumen 265 CPNS yang sudah dinyatakan lulus seleksi tahun 2018. Peserta CPNS yang lulus seleksi itu, bisa datang langsung ke kantor BKPSDM dengan menggunakan pakaian baju kemeja putih, celana hitam dan menggunakan sepatu. 

Dokumen kelengkapan berkas seleksi CPNS itu merupakan sesuatu yang wajib diserahkan kepada panitia untuk mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Pemberkasan akan ditutup sampai tangga1 l8 Januari ini. Setelah itu berkas ini semua akan dibawa ke BKN. Tapi sebelum itu akan diverifikasi ulang lagi di Kantor Ragional (Kanreg) Sumatera. Deadline waktu untuk penyerahan berkas ini, memang sejauh ini belum ada, tapi nanti tetap bersurat," ujarnya.

Berita selengkapnya baca edisi cetak Harian Pos Belitung edisi Jumat, 11 Januari 2019. (*)
 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tedja Pramana
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved