Gara-Gara TPA Sampah, Pangkalpinang dan Belitung Gagal Raih Adipura

Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Belitung belum berhasil meraih Piala Adipura 2018 lantaran kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah

Gara-Gara TPA Sampah, Pangkalpinang dan Belitung Gagal Raih Adipura
ilustrasi TPA 

POSBELITUNG.CO  - Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Belitung belum berhasil meraih Piala Adipura 2018 lantaran kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang tidak memenuhi kriteria penilaian.

Tim Pembina Adipura Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Iskandarsyah mengatakan ada beberapa indikator penilaian yang dilakukan tim penilai-penilai Adipura, salah satunya TPA yang memiliki bobot penilaian minimal mencapai 74 point.

Agus menjelaskan, untuk Pangkalpinang sebetulnya dari sisi sarana, parasarana, tingkat kebersihan dan penataan lingkungan sudah cukup baik.

"Pangkalpinang kotanya sudah bersih, tapi TPA nya overload. Pangkalpinang berat dapat Adipura kalau TPA nya masih seperti itu. Padahal yang lainnya sudah bagus semua," katanya.

Untuk Belitung, juga permasalahan TPA lantaran pengelolaan sampah di TPA belum maksimal.

"Belitung enggak overload TPA nya, tapi pengelolaannya belum maksimal, ini yang harus dimaksimalkan," tambahnya.

Sedangkan kota Muntok Kabupaten Bangka Barat baru berhasil meraih sertifikat Adipura, hal ini lantaran masih kurangnya TPS3R.

"Sertifikat Adipura dibawah Piala Adipura, Mentok itu belum piala karena TPS3R masih kurang dalam hal pengelolaan sampah," ujarnya.

Ia menyebutkan ada beberapa indikiator yang dinilai yakni, sarana publik, perumahan, sekolah, taman kita, hutan kota, saluran terbuka dan sungai, rumah sakit, puskesmas, perkantoran, pasar dan terminal.

"Syarat Adipura minimal nilainya itu 75 dari setiap indikator yang dinilai, kalau TPA minimal 74 nilanya. Kalau mau dapat ya harus memenuhi itu," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati).

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved