18 Peserta Lulus CPNS Pemprov Babel Harus Segera Lengkapi Berkas

249 orang peserta yang lulus CPNS sudah menyerahkan berkas, 231 orang berkasnya dinyatakan lengkap dan 18 orang belum lengkap.

18 Peserta Lulus CPNS Pemprov Babel Harus Segera Lengkapi Berkas
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kasubbid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKPSDM Babel M. Erisco Nurrahman. 

POSBELITUNG.COM, BANGKA --Satu pelamar CPNS formasi guru di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundurkan diri dan tidak menyerahkan berkas yang menjadi persyaratan untuk ditetapkan menjadi CPNS. Sedangkan 249 orang sudah menyerahkan berkas, 231 orang berkasnya dinyatakan lengkap dan 18 orang belum lengkap.

Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M. Erisco mengatakan dari 250 peserta CPNS yang dinyatakan lolos SKB 249 diantaranya telah menyerahkan berkas dari 7-12 Januari 2019.

"Pelamar yang telah mengumpulkan berkas 249 orang, berkas lengkap 231 orang, 18 orang belum lengkap dan satu orang yang tidak melakukan registrasi," kata Erisco, Sabtu (12/1).

Ia menyampaikan pelamar yang belum melengkapi berkas, diminta untuk segera melengkapi secepatnya

"Kami minta secepatnya, nanti akan dibuatkan pengumuman secara tertulis," ujarnya.
Erisco menambahkan dalam Peraturan BKN nomor 14 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil verifikasi berkas diberikan waktu sampai 15 hari.

"Ada satu yang tidak registrasi ulang, lalu kami konfimasi yang bersangkutan mengundurkan diri dan kita sudah mintakan yang bersangkutan untuk menyampaikan surat pengunduran diri bermaterai 6.000," kata Erisco.

Lebih lanjut Erisco menjelaskan, berdasarkan hasil konfirmasi pihaknya, pelamar yang mengundurkan ini memilih untuk melanjutkan bekerja di tempat lama.

"Yang bersangkutan masih mau bekerja di Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan surat pernyataan yang diajukan pada saat lamaran memang mensyaratkan bagi peserta yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos akan dikenakan denda.

Namun, untuk kasus ini tidak diberlakukan denda lantaran masih dalam proses seleksi dan belum mendapatkan NIP.

"Kalau yang disurat pernyataan kemarin itu mengundurkan diri setelah penetapan NIP, data yang bersangkutan akan di blok dan tidak boleh mengikuti tes CPNS selanjutnya. Tapi yang ini kan masih tahapan pemberkasan," jelasnya.

Berdasarkan Peraturan BKN nomor 14 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, apabila ada peserta yang dinyatakan mengundurkan diri maka akan digantikan dengan peserta peringkat dibawahnya.

"Tidak kosong formasinya, berdasarkan aturan BKN itu yang mengundurkan diri dapat digantikan dengan peserta yang peringkat dibawahnya yang terbaik," jelasnya. (o2)

Berita selengkapnya baca Bangka Pos, Edisi cetak, Senin 14 Januari 2019

Editor: respisiusleba
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved