Jamhur Budidaya Durian Unggul Pulau Bangka, Tiap Tahun Puluhan Ribu Bibit Laris Dibeli

Ada empat jenis durian unggul asli asal Pulau Bangka, Durian Namlung (Cumasi atau Tai Babi), Durian Puteri Dewi, Durian Super Tembaga dan Durian Jantu

Jamhur Budidaya Durian Unggul Pulau Bangka, Tiap Tahun Puluhan Ribu Bibit Laris Dibeli
bangkapos/edwardi
Jamhur, pelestari dan pengembang budidaya durian unggul khas Pulau Bangka. 

POSBELITUNG.CO  -- Pulau Bangka memiliki tanaman buah durian unggul di Indonesia bahkan dunia.

Ada empat jenis durian unggul asli asal Pulau Bangka, yakni Durian Namlung (Cumasi atau Tai Babi), Durian Puteri Dewi, Durian Super Tembaga dan Durian Jantung.

Salah satu pelestari dan pengembang budidaya durian unggul khas Pulau Bangka, yakni Jamhur dan keluarganya, warga Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Jamhur mengaku sudah mengembangkan pembibitan durian unggul khas Pulau Bangka ini sekitar delapan (8) tahun yang lalu di areal kebun sawitnya.

"Kita mengembangkan bibit durian unggul ini sistem sambung pucuk atau grafting. Pucuk pohon durian unggul kita ambil dari kebun durian induk di kebun, sedangkan pangkal pohon dari biji buah durian lokal lainnya," kata Jamhur, Minggu (13/01/2019) di kebunnya.

Jamhur, pelestari dan pengembang budidaya durian unggul khas Pulau Bangka.
Jamhur, pelestari dan pengembang budidaya durian unggul khas Pulau Bangka. (bangkapos/edwardi)

Diakuinya, pohon durian unggul induk ini memang sudah lama ditanam di kebunnya dan sudah sering berbuah atau dipanen.

"Setiap tahun puluhan ribu bibit durian unggul kita produksi dan Alhamdulillah selalu habis terjual, bahkan kekurangan stoknya," jelasnya.

Diungkapkannya, harga satu tanaman bibit durian unggul sekitar Rp 100.000 per polibag, namun bila membeli dalam jumlah banyak bisa mendapat potongan atau diskon.

"Biasanya butuh waktu 3 bulan mulai dari sambung pucuk sampai bibit tanaman siap dijual atau siap ditanam di kebun," kata Jamhur. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

 
Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved