Terkait Sentra Kuliner Belitung, Kepala Dinas Perikanan: Kami Tunggu Keputusan Bupati

Untuk memfungsikan Sentra Kuliner Belitung itu, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung kini sedang menunggu keputusan dan penetapan dari Bupati Belitung.

Terkait Sentra Kuliner Belitung, Kepala Dinas Perikanan: Kami Tunggu Keputusan Bupati
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kondisi Sentra Kuliner Belitung, Senin (14/1) belum kunjung dimanfaatkan. 

POSBELITUNG.CO - Sentra Kuliner Belitung, yang berada dikawasan UPTD Taman Hiburan Tanjung Pendam, Kelurahan Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung kini belum difungsikan. Bangunan tersebut dibuat, menggunakan anggaran APBN Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Namun untuk memfungsikan Sentra Kuliner Belitung itu, Dinas Perikanan Kabupaten Belitung kini sedang menunggu keputusan dan penetapan dari Bupati Belitung.

Ada tiga OPD yang bisa mengelola ini, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.

Kondisi Sentral Kuliner Belitung, Senin (14/1) belum kunjung dimanfaatkan.
Kondisi Sentra Kuliner Belitung, Senin (14/1) belum kunjung dimanfaatkan. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

"Kami akan mengejar bulan Ferburari nanti untuk status itu. Tapi rencana nanti pengelolaannya tetap dilimpahkan kepada pihak ketiga dengan sistem one operator. Apabila banyak yang ingin melola, maka akan dilakukan lelang. Tinggal nanti pembentukan tim itu, operator nya siapa, dan bagaimana bisnis plan nya," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Destika Effenly kepada posbelitung.co, Senin (14/1/2019).

Untuk acuan dari sewa yang diterapkan kepada one operator tersebut, ditentukan oleh KPKNL. Nilai yang keluar harus disewakan nanti, adalah nilai minimal, sehingga jangan sampai salah kaprah. Didalam lingkup Sentral Kuliner itu, terdapat 10 petak bagian yang bisa untuk disewakan kembali dari operator.

Namun dalam penggunaan nya, terdapat ketentuan yang diharapkan adalah 70 - 80 persen di Sentra Kuliner Belitung itu adalah memiliki menu berbahan baku ikan.

"Seperti bakso ikan, empek - empek, dan Sentra Kuliner Belitung ini kemarin arah nya, untuk meningkatkan konsumsi ikan, agar masyarakat gemar memakan ikan. Termasuk nanto oleh-oleh juga harus berbahan dasar ikan," pungkasnya. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved