Anaknya Derita Suspect ITP, Warga Parit Tiga Bangka Barat Ini Bersyukur Dapatkan 9 Kantong Darah 0

Untuk trombosit ini dibutuhkan darah segar dari pendonor yang baru dan tidak boleh darah yang sudah disimpan

Anaknya Derita Suspect ITP, Warga Parit Tiga Bangka Barat Ini Bersyukur Dapatkan 9 Kantong Darah 0
Bangkapos/Edwardi
Rafik sedang menunggu proses pengolahan darah untuk mendapatkan trombosit di PMI Kota Pangkalpinang 

POSBELITUNG.CO -- Rafik, warga Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat mengaku membutuhkan sebanyak 9 kantong darah O untuk diambil trombositnya.

"Yang sakit anak laki-laki saya usia 15 bulan mengidap sakit Suspect ITP yakni mengalami penurunan trombosit dalam darah," kata Rafik ditemui di Kantor PMI Kota Pangkalpinang, Jumat (18/01/2019).

Diungkapkannya, gejala sakit putranya baru terlihat kemarin dengan timbulnya bintik-bintik merah di kulitnya.

"Saat itu saya jemput anak saya dari rumah pengasuhnya, saat memakaikan sandal terlihat bintik-bintik merah di kulit kakinya, setelah itu langsung saya bawa ke IGD Pusyandik Parit Tiga saat dicek ternyata trombosit dalam darahnya rendah lalu dirujuk ke RSUD Sungailiat," jelasnya.

Dilanjutkannya, menurut dokter, anak saya perlu transfusi penambahan trombosit darah golongan O.

"Kandungan trombosit dalam darah antara 150.000-400.000 untuk kondisi normal, sedangkan trombosit anak saya hanya 5.000 sehingga sangat jauh kekurangannya," ungkapnya.

Diakuinya, untuk trombosit ini dibutuhkan darah segar dari pendonor yang baru dan tidak boleh darah yang sudah disimpan.

"Sejak semalam saya mencoba mencari pendonor darah O dan Alhamdulillah siang ini sudah dapat 9 kantong darah O. Terima kasih buat kawan-kawan dan masyarakat yang sudah membantu mendonorkan darahnya," kata Rafik.

Diakuinya, sejak semalam memang perasaan sangat resah karena baru ada satu orang pendonor darah O, tapi Alhamdulillah pagi ini banyak teman-teman yang datang menolong mendonorkan darahnya.

"Bapak tau sendirilah yang namanya anak sedang sakit, tentunya perasaan resah dan berkecamuk, syukurlah hari ini sudah terkumpul darahnya 9 kantong, saat ini masih menunggu proses untuk mendapatkan trombositnya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved