Moka Dorong UKM Bersaing dan Berinovasi Lewat Teknologi Agar Naik Kelas

Moka mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Tanah Air agar dapat naik kelas sehingga mampu bersaing dan berinovasi lewat teknologi

Moka Dorong UKM Bersaing dan Berinovasi Lewat Teknologi Agar Naik Kelas
KOMPAS.com
VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan memberikan penjelasan, Selasa (22/1/2019). 

POSBELITUNG.CO - Startup penyedia layanan point of sale, Moka mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Tanah Air agar dapat naik kelas sehingga mampu bersaing dan berinovasi lewat teknologi. 

"Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0 untuk memajukan UKM Indonesia agar bisa besaing dan mampu berinovasi dengan teknologi," kata VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan di Jakarta, Selasa (22/1/2019). 

Bayu menjelaskan, guna mendorong percepatan itu, Moka membuat kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk UKM bertajuk A Cup of Moka (ACOM). 

ACOM fokus menyelenggarakan lokakarya tatap muka berisi edukasi bisnis untuk komunitas dan UKM berbagai kota di Indonesia. 

"Melalui ACOM, Moka menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM untuk dapat meningkatkan daya saing dan kreativitas, serta memiliki tingkat kompetisi yang setara dengan bisnis besar lainnya," ujarnya. 

Menurutnya, salah satu cara utama untuk mencapai visi pemerintah tersebut yakni melalui pemberdayaan UKM Go-Online yang patut didukung dengan upaya UKM agar melek digital. Apalagi, jumlah UKM di Indonesia yang melek digitalisasi masih berada di bawah angka 20 persen dari total UKM

"Padahal pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas UKM untuk tumbuh dan berkembang, solusi yang dapat dijalani adalah dengan memberi pelatihan UKM. Moka ingin berkontribusi membantu pemerintah untuk memaksimalkan upaya tersebut, dengan memfasilitasi pelaku UKM mendalami pengetahuan bisnisnya agar dapat naik kelas dan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi digital," paparnya. 

Dia menuturkan, inisiasi ACOM bertujuan untuk memberikan manfaat utama bagi pelaku UKM. Pertama, melalui konten edukatif berisi materi data-driven yang terbagi menjadi dua topik utama. Kedua, yaitu wadah kolaborasi di mana ACOM dapat menjadi medium bagi komunitas dan UKM yang ingin berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan. 

"Misalnya untuk mempromosikan komunitas, networking, atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki pesertanya sendiri," sebutnya. 

Selain itu, Moka kini sedang membangun Moka Learning Hub yang ditujukan sebagai pusat berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua medium baik offline maupun online. 

"Kami di Moka sangat mengharapkan agar para pelaku UKM dapat berkembang dan semakin maju melalui ACOM," harapnya. 

Berita ini tekah tayang di Kompas.com dengan judul : Moka Dorong UKM Besaing dan Berinovasi dengan Teknologi

Editor: rusaidah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved