Video : Rakor Penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Belitung

Rakor bertujuan membentuk sinergitas serta menciptakan stabilitas daerah yang kondusif, menyongsong pemilu yang mandiri,

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Belitung Sekti Angraini, Kasdim 0414 Belitung Mayor Inf Ruhin, KPU Kabupaten Belitung, Bawaslu Kabupaten Belitung dan Kepala Desa se Kabupaten Belitung, Selasa (22/1/2019) melakukan rakor penyelenggaran pemilu.

Rakor bertujuan membentuk sinergitas serta menciptakan stabilitas daerah yang kondusif, menyongsong pemilu yang mandiri, tertib, transparan, profesional, porposional, adil dan akuntabel.

Yang menjadi catatan dirakor tersebut, Pemerintah Daerah (Pemda) Belitung tentang partisipasi target pemilih.

"Kami harapkan, hasil dari kehadiran itu juga 77 persen, artinya suara yang sah. Jangan seperti yang dulu, hadir di TPS 100 orang, suara yang sah hanya 50 orang. Artinya harus diantisipasi demokrasi seperti ini, agar berkualitas," ujar Sanem kepada posbelitung.co, Selasa (22/1/2019).

Sanem mengatakan, pemerintah juga akan tetap melakukan koordinasi tentang sosialisasi khusus kepada masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan. Sosialisasi khusus tersebut untuk memperkenalkan lima lembar surat suara yang kini akan dicoblos oleh pemilih.

Dikatakannya, lima lembar surat suara tersebut, baru kali pertama terjadi di Indonesia, sehingga terbilang cukup sulit untuk diberikan pemahaman saat melakukan pencoblosan. Tentunya harus ada sosialisasi tambahan, agar berkesinambungan.

"Jadi bukan hanya KPU saja, kami dari pemerintah, kepolisian, kejaksaan nanti terpadu melakukan semacam tryout di setiap Desa. Ada semacam simulasi di setiap desa lah nanti untuk lima lembar surat suara itu, itu akan diadakan secara bersamaan. Mungkin dalam perihal untuk kualitas nya tadi, ini agak susah, karena 5 lembar surat suara," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved