Program BPNT Belum Efektif, Mensos Bilang Banyak Kepala Daerah Malas 'Update' Data Masyarakat Miskin

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tak menampik jika program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) belum secara efektif

Program BPNT Belum Efektif, Mensos Bilang Banyak Kepala Daerah Malas 'Update' Data Masyarakat Miskin
KOMPAS.com
Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita. 

POSBELITUNG.CO - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tak menampik jika program Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) belum secara efektif menjangkau seluruh keluarga miskin.

Kemensos selama ini hanya menerima laporan dari para Kepala Daerah mengenai jumlah penduduk miskin di wilayah administrasinya. Namun, tak sedikit kepala daerah yang malas memperbarui data tersebut. Masyarakat yang berhak pun tak kebagian bantuan pemerintah karena data yang tidak akurat.

"Banyak sekali Pemda yang belum secara aktif update data berkaitan masyarakat miskin. Ada 120 daerah, khususnya kabupaten/kota," ujar Agus di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Bahkan, ada kepala daerah yang sama sekali belum pernah memberi data terbaru ke Kemensos terkait jumlah masyarakat miskin. Padahal, Kemensos secara berkala selalu mengimbau agar kepala daerah memperbarui data mereka. Dengan demikian,

BPNT bisa didistribusi lebih merata. Terkait sanksi, Agus mengakui belum ada aturan yang mengatur hal tersebut.

"Saya minta masyarakat di daerah yang memberi sanksi, yang kepala daerahnya tidak mengupdate," kata Agus.

Ke depannya, Kemensos akan terus melakukan pendekatan ke seluruh kepala daerah untuk meningkatkan kesadaran mereka soal pentingnya data tersebut.

Agus mengatakan, program bantuan masyarakat di Kemensos butuh data yang akurat sehingga masyarakat di seluruh wilayah bisa terbantu. Kemensos juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri mengenai hal ini.

"Saya kira dari Pak Mendagri sudah dilakukan dengan baik. Beliau kirim surat edaran ke seluruh Pemda untuk melakukan updating," kata Agus.

Berita Ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Mensos: Banyak Kepala Daerah Malas "Update" Data Masyarakat Miskin

Editor: rusaidah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved